RSS

Pengalaman Sunat di Leeds, Inggris

19 Okt

ApnFnuyRfO4ocUBSzHR9XP5_9kofE0K1_qgG9Cvay9b6

Akhir September 2015 saya menyunatkan anak saya (Zhafran) di Leeds setelah usianya genap 5 bulan. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman sunat anak saya di Inggris.

Sejak di awal kelahirannya, saya berusaha membaca brosur, dan website NHS terkait layanan sunat ini. Tapi dikatakan secara jelas bahwa mereka tidak melayani sunat atas tujuan keagamaan. Jadi akhirnya saya telusuri lagi, berapa biaya dan tempatnya. Akhirnya saya mendapatkan lokasi nya yaitu di Children’s Circumcision Service (http://www.circumcisionleeds.com/). Namun mereka hanya melayani weekend saja dengan biaya 130 pounds jika anak saya masih di bawah usia 3 bulan. Namun karena anak saya sudah 5 bulan, maka diberikan harga 140 pounds.

Sempat juga saya mencari informasi ke GP terlebih dahulu untuk mendapatkan rujukan. Siapa tau kalau di rumah sakit umum sunat nya bisa lebih murah. Tapi ternyata si dokter tidak bisa langsung mengambil keputusan dan rujukan, melainkan diminta menunggu 1 hari untuk dia mencari informasi dan menelpon saya. Mereka merujuk saya ke Ashton View (http://www.ashtonviewmedical.co.uk/circumcision-minor-surgery-clinics.html). Tapi saya lihat kok rating nya kurang bagus, dan mereka juga tidak melayani bayi di atas usia 12 minggu.

Okay, akhirnya setelah menelpon untuk buat janji dengan Children’s circumcission service, kami berangkat di hari H dengan taxi. Di tempat, kami langsung dilayani setelah pendaftaran, diberikan penjelasan, inform concern, dan Sunat. Nah ini dia, karean saking buru buru nya, kami tidak membawa apa apa seperti di Indonesia, seperti bawa sarung, baju ganti, dll. Ternyata sunat di sini menggunakan cara cincin. Jadi cincin dipasang di perbatasan yang hendak dipotong, lalu diikat kencang, dan sisa kulit dipotong, setiap terjadi perdarahan di couter. Jadi hampir tidak ada darah mengalir. Setelah itu langsung ditutup menggunakan pampers. Selesai.

Memang dalam sehari itu, anak saya rewel, karena mungkin kesakitan. tapi sehari setelahnya dia sudah santai. Petunjuk perawatannya pun sangat sederhana:

  1. Dimandikan setelah 2 hari
  2. Mandi direndam selama 15-20 menit setiap hari nya.
  3. Tidak usah diberikan antibiotik, salep, dll
  4. Tidak usah diberikan antinyeri jika tidak dibutuhkan
  5. Dan akan lepas dalam waktu 5-10 hari. jika tidak lepas sendiri silakan hubungi dokter.

Saya pikir ini cara surat yang efisien, jadi mereka memang mendorong untuk sejak lahir segera disunat. Karena menurut klnik tersebut, cara ring ini agak susah sembuh untuk anak yang sudah besar.

Semoga infromasi ini bermanfaat untuk orang tua yang merencanakan sunat anak nya di Leeds.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19/10/2015 in Pertumbuhan Zhafran

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: