About Me

Tentang Blog:

Blog ini membahas mengenai segala ilmu yang saya rasakan berguna dan bisa dishare  dan tentu saja catatan harian saya. Sebenarnya sih tulisan  yang menyangkut dengan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari saya. Karena saya merasa sangat berguna untuk pribadi saya sebagai kenangan di kemudian hari, apalagi kalau ada orang yang bisa terbantu. Dan saya akan sangat senang jika bisa saling diskusi, saran dan masukan.

Tentang Saya:

Lahir dan besar di Papua,  melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara, Magelang. Meyelesaikan dokter tahun 2008 di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada dan Master of Public Health tahun 2012. Terakhir S3, di University of Leeds, Inggris.

Pengalaman pekerjaan:

  1. Juni 2008 – Agustus 2008     Asisten peneliti di bagian Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada
  2. September 2008 – Januari 2009   bekerja sebagai dokter MER-C Timika, Papua
  3. Februari 2009 – sekarang, Peneliti di Pembiayaan Kesehatan dan Manajemen Asuransi Kesehatan, Fakultas kedokteran, Universitas Gadjah Mada
  4. Januari 2010 – sekarang, Dokter Keluarga ASKES
  5. Maret 2010 – sekarang, Dosen Fakultas Kedokteran UGM

Email: hafidz.firdaus[at]gmail.com

67 pemikiran pada “About Me

  1. salut dengan Anda..

    • Wah terimkasih, salam kenal…
      Mohon masukan dan komen-komen nya ya…

    • salam kenal dr hafisz,saya drg.astrid pemilik klinik drg spesialis di jakarta pusat, bila sya ingin meminta bantuan anda untuk menjadi konsultan mengenai unit cost klinik kami, kemana saya harus menghubungi dokter? bila anda bersedia mohon hubungi email kami di: info@escaladedental.com. kami tunggu kabar dari anda.terima kasih.

      • Bisa hubungi kantor saya di Pusat-Kebijakan Pembiayaan dan Manajmen Asuransi Kesehatan, fakultas kedokteran, UGM. (kpmak-ugm.org).

        Telp ke sekretariat kami 0274-544044 (Yuni), atau 0274-631022.

        Nanti kita bisa diskusi lebih lanjut.

  2. hmmmmm.. FK UGM…
    keren..keren…

    makan apa to mas ko bisa sepinter itu?

    • Walah, maem apa ya? kayaknya biasa-biasa aja.
      Salam kenal juga neng…
      Saya tunggu komennya ya..he3x

  3. berkunjung lagi nih…
    makasih juga udah berkunjung ke blog saya…
    mau tanya nih ko di bkognya ngga di pasang shoutbox sih…

    • Kenapa ya nggak ada shoutbox..mmm.. karena saya lebih suka orang menulis na dalam comment dari pada sekedar shout.. rasanya lebih abadi..hehe

  4. salam kenal mas…kayaknya mas perduli banget sama yang namanya kesehatan. Melalui kolam comment ini saya mau berbagi informasi tentang perkembangan dunia kesehatan yang bisa membantu banyak orang. untuk lebih detailnya silahkan mas kunjungi link saya http://1sttransferfactor.wordpress.com/
    terima kasih mas, semoga informasi ini berguna untuk orang banyak.

  5. saya ucapkan terimakasih pak…
    lewat website ini, saya bs mendapatkan soal latihan Pamjakinya….
    terimakasih….

    jika boleh meminta bantuan lagi…apakah ada soal lainnya pak…?
    saat ini saya sedang mengambil modul AKN, Dasar Asuransi Kesehatan A, Dasar Asuransi B, Managed Care A, dan Managed Care B.

    apakah panjenengan memiliki soal AKN dan Managed Care A?
    jika memiliki, saya mohon bantuannya untuk diupload atau dikirimkan ke email saya di rinipratiwi86@gmail.com
    soal latihan ini sangat penting bagi saya yang masih awam dan belum berpengalaman mengenai ilmu asuransi. saya harap soal latihan ini bs menjadi peta dan arahan dalam proses belajar saya…
    atas bantuannya saya ucapkan terimakasihh….

    • yah ada… nanti saya publish jika sudah saya scan.
      Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Kalau bisa habis ujian juga di upload jadi bisa saling berbagi…

  6. insya Allah nanti saya juga pengen berbagi dengan temen2 lewat dunia maya biar teman2 lain lebih mudah mendapatkan soal latihannya…
    saya tunggu upload dr panjenengan pak Hafidz…
    tanggal 4-6 Agustus ujian Pamjaki berlangsung, jd harus segera berbenah diri mulai belajar…matursuwun…

  7. Waooo..baru skarang!!!!. sy baru bisa buka WordPress Pak Hafid, makasih file upload-nya ttg tuto biostat conceps probability…, krn kami msh byk belajar dan konsultasi, ini akan sgt membantu memahami biostatitik…T.q.

  8. salam kenal mas hafidz, saya tau blog ini diinfokan oleh ibu ani dinkes samarinda, saya download soal2 pamjaki nya yah?? mohon ijin yah mas hafidz?? sangat membantu biar gak ngulang, soalnya kemaren mcb gak lulus mas, karna gak punya contoh2 soal,mudahan tgl 9 desember nanti bisa lulus mcb nya berkat soal2 dari blog ini, thanx alot

    • Salam kenal juga mbak. Yah boleh-boleh saja.. mudah-mudahan bermanfaat. saya sebenarnya juga ingin ikut ujian pamjaki desember ini, tapi sayang sudah terlambat mendaftar.
      kalau sempat scaning soal-soal baru, mohon bisa saling berbagi juga.
      Terimkasih…

  9. Yth dr Hafidz
    saya mohon saran, untuk mengembankan asuransi kesehatan di sekolah smp&sma plus dengan jumlah murid 2000 orang, berapa nilai premi per orang yang masuk akal untuk saya tawarkan kepada pihak yayasan? saya sangat berterimakasih atas perhatiannya

    • Terimkasih atas kunjungannya Pak Kristiyanto. Sebenarnya kami dari Pusat Pembiayaan dan Asuransi Kesehatan telah membantu mengembangkan asuransi kesehatan di Universitas yang saya rasa mirip dengan sekolah.
      Terimkasih atas masukannya, jika Pak Kristiyanto butuh jawaban yang lebih tepat, kami dapat melakukan jasa pendampingan.

      Terimkasih.

  10. assalam kak…mau tanya2 ttg model dan bentuk pengawasan jamkesos oleh badan legislatif dan dinkes tu gmn ya?? pada intinya siapa yg mengawasi kerja jamkesos n bentuk pengawasannya gmn??

    • Dalam hal pengawasan atau verifikasi sepengetahuan saya yang paling berhak adalah badan pelaksana (bapel) Jamkesos itu sendiri. Baik verifikasi administrasi maupun verifikasi medis (utilization review). Namun memang sebagian besar bagian jamkesos masih merupkan seksi dari Dinas Kesehatan, sehingga sering masih belum efektif pekerjaan verifikasi.
      Sehingga kalau verifikasi administrasi seperti halnya kepesertaan, jamkesos yang dapat menentukan siapa yang berhak mendapatkan jamkesos dan bukan dan terkait masalah kelengkapan administrasi yang lain. Sedangkan kalau verifikasi medis, dengan menggunakan utilization review, jamkesos dapat menentukan mana yang ditanggug dan mana yang tidak. dan berhak melakukan complain kepada pihak PPK jika terjadi keganjilan dalam pelayanan medis.

      Untuk lebih teknis nya maaf belum sempat saya tulis.. kapan-kapan saya tulis di blog.

      Makasih atas kunjungannya

  11. salam jumpa pak…
    Terimakasih sdh rela berbagi soal2 pamjaki.Tapi kok tdk bisa terbuka ya? Apa sy bisa minta via email? Trims sebelumnya,sukses selalu

    • Kalau boleh tau yang nggak bisa dibuka yang mana? terimkasih. karena baru saja saya buka bisa..

  12. wuih kren…….kayanya studynya bakal lanjut MPH nih. sepertinya buku2 dari bpk sulastomo cocok juga buat ref anda

    • Terimakasih… yah lagi sekolah nih.. karena sambil kerja nggak rampung-rampung..hehe. salam kenal.

      • hahaah yang penting disiplin aja…klo gt semangat buat bpk. salam kenal jg,,

  13. Kayaknya saya tahu anda nih, waktu kuliah DRG o/. bu Yani PPJK ya?
    Sy lusi yang mendampingi beliau waktu itu.
    hmm, izin menyimak blog anda since i’m still nubie di bidang ini 🙂

    • iya mbak.. saya hafidz yang dulu nemenin bu yani sama mbak lusi..
      ya mbak. kalau ada komentar atau ada info saya sangat senang

  14. Terimakasih mas atas smuanya, aku dpet inspirasi baru setelah membaca blog anda.
    Apakah anda kenal dengan dr Agung Bahtiar yang bbrapa pekan lalu tempil di kick andy ??
    hehe

    • Wah terimakasih atas kunjungan ke blog saya, semoga selalu bermanfaat. Tapi mohon maaf, mungkin saya kuran gaul, jadi nggak kenal sama dr. Agung Bahtiar.. Siapa ya dia? jadi penasaran..

  15. Assalamualaykum dr.Hafidz,
    awalnya saya mencari keterangan spesifitas dan sensitivitas dalam bhs indonesia, krn skrg saya sedang pusing mau ujian di universitas di jerman. ternyata menemukan blog dokter yg mashaAllah sangat membantu sekali. klo boleh sharing lagi dok, apa dokter punya link ato tulisan ttg sistem kesehatan indonesia? seperti ttg asuransi, jamkesmas? dan jika berkenan, saya ingin diskusi dgn dokter ttg masalah itu, mencoba utk membandingkan sistem kesehatan di jerman.. terimakasih banyak.
    Wassalam
    Tini

    • Walaikumsalam wr.wb

      senang sekali blog saya bermanfaat.. tapi kalau ada yang kurang pas saya senang sekali untuk berdiskusi lebih lanjut. yah.. ada beberapa coret-coretan ku sih tapi memang lebih banyak opini.. nama nya juga blog. untuk website sistem kesehatan indonesia seperti perkembangan-perkembangannya bisa baca di banyak tempat sebenarnya. berkut dua website yang saya rekomendasikan:
      http://kpmak-ugm.org/home
      http://kebijakankesehatanindonesia.net/
      Semoga bermanfaat

      N.B. saya ada teman juga yang lebih sekolah di jerman.. namananya Nandy.. salam buat beliau jika kenal..

  16. keren-keren ms hafidz..

  17. Tolong kirim soal ujian PAMJAKI 2011. Trims

    • Pinginnya sih saya terus berbagi yang saya miliki bu… tapi belum sempat ada waktu dan tenaga untuk scanning dan disebar.. heheh.. kecuali ada bala bantuan nieh..

  18. Saya inggin ketemu untuk diskusi dengan mas hafidz,saya mempunyai beberapa rs di bekasi Dan Jakarta Dan saya Akan dedikasikan untuk saudara Muslim kita yg kurang beruntung ,saya mau membangun JPK mandiri,tks

    • Baik pak..saya sangat terbuka untuk diskusi lebih lanjut. Saya tunggu untuk bertemu di Jogjakarta.

  19. salam kenal,
    saya PNS di RSUD Kalianda Lampung Selatan,
    mulai September 2011 saya sedang tugas belajar di Pascasarjana FKMUI peminatan Asuransi Kesehatan,
    semoga suatu hari kita bisa diskusi dan tukar pendapat…
    wass….

    • Salam kenal juga,

      Wah senang sekali jika kita bisa berdiskusi. Sehingga bisa saling share ilmu..

  20. deuy…..pak dokter hafidz terimakasih bnyk soal2nya, njenengan ini ya dah pinter, ganteng, smoga selalu rendah hati….

    • Alhamdulillah.. amin-main.amin..
      pokoknya yang penting bermanfaat buat semua.. kalau ada yang nggak cocok atau ada yang salah tolong masukkan dalam komentar, sehingga teman-teman yang lain bisa mengkoreksi juga.

      Sukses deh..

  21. terima kasih banyak pak atas bantuan soal-soalnya

  22. minta contoh soal dasar-dasar asuransi bagian b dong pak makasih

  23. Kenal dengan Teguh Dwi Nugroho?mungkin satu angkatan di SMA TN. btw salam kenal, saya juga masih pemula di dunia asuransi..

  24. makasih ya sharing soal-soal fb, udah didownload versi pdf, mau ikut fb ulangan april ini soalnya, sepertinya nanti akan download lagi soal-soal untuk modul selanjutnya, tinggal direview deh, semoga kita semua berhasil. aminn

  25. helloo… salam jumpa….. makasih pace. sudah membagi ilmu….. dimana bisa kita cari soal-soal pamjaki terbaru… salam

    • sama-sama. soal terbaru belum tau juga tuh dimana.. sudah ngak pernah upload lagi setelah lulus..

  26. pak .. bokeh gak saya minta soal soal pamjaki yang kemarin2,

    • Boleh aja.. Mari datang ke pusar KPMAK UGM. soalnya belum sempat scan lagi. Atau mas nya mau bantuin? Hehhe

  27. salam, jujur abis liat soal-soal yg ada di blog ini, terbantu juga melatih menjawab soal-soal, makasih yaa, saya juga punya soal-soal edisi terbaru dari pertama kali ikut ujian per 2010-2014, ceritanya mau disharing nih, gmn caranya yaa?

    • Alhamdulillah jika membantu. Untuk soal yang baru yang dimiliki bisa kirim ke email saya ke hafidz.firdaus(at)gmail.com
      Nanti bisa saya upload dengan sumber angky. Makasih

  28. Terima kasih,sangat membantu

  29. pak dokter soal LTC 2014 nya ada ga?

  30. selamat malam, saya lestari dokter di yayasan kerti praja denpasar.
    jika ada waktu ada hal yang ingin saya diskusikan.
    terimakasih..

    • Selamat malam.. monggo saja boleh lewat email jika ada hal yang ingin didiskusikan. Salam kenal

  31. salam kenal, untuk pelaksanaan monev partisipatif, adakah dasar hukum yg dapat di gunakan ?

    • Terimakasih sudah mampir, namun mohon maaf saya tidak dapat menjawab pertanyaannya. Salam kenal..

  32. Gimana Dok kabarnya? Semoga pas kepulangan dari program doktoralnya bisa gabung lagi ke Tim Monev KPA DIY. Mba Juna juga sekarang di Australia, tim monev berkurang satu lagi 🙂
    Semoga studinya lancar Dok.

    wassalam
    ismi-dinsosDIY

    • Wassalamu’alaikum wr wb,

      Hi Mbak Ismi, terimakasih sudah mampir ke blog saya. Alhamdulillah kabar baik, semoga di sana juga. Ya semoga bisa bergabung lagi, karena setahu saya SK nya nggak berubah.hehe. Iya terimakasih doanya.

      Salam,

  33. assalamu’alaikum, salam kenal mas firdaus, sy searching ttg health economic nyasar ke sini. menarik isi blognya, btw qt satu alumni, sy juga pernah di klinik merc timika, tahun 2011..

    • Walaikumsalam wr wb. wah keren bisa sempat mengabdi di sana dan tertarik dengan health economic juga. Semoga bisa berdiskusi di lain waktu

Tinggalkan komentar