Virus yang merubah budaya

Coba bandingkan TB dan Coroana (Sumber: https://informationisbeautiful.net/visualizations/covid-19-coronavirus-infographic-datapack/ )

Entah apa yang menyebabkan virus COVID-19 #Coronavirus bisa begitu trending, apakah karena baru dan keren, atau karena memang semematikan itu (di berita)?. Tapi memang seperti jadi bagus karena seperti film film zombie favorit. Mungkin suatu saat ada daerah yang harus diisolasi dan dimusnahkan karena virus ini.

Banyak perubahan yang terjadi saya lihat sekilas. Semua orang pakai masker jadi tren busana baru. Tidak bersalaman, jadi tren budaya baru dalam sosial. Tidak berkumpul, menjadikan proses belajar mengajar baru di dunia pendidikan (tidak perlu ada gedung sekolah lagi). Tidak perlu wisata lagi apalagi karena ketemu banyak orang, kelihatannya budaya wisata dengan google earth dan VR nya akan menjadi tren juga. Tidak perlu ada gedung-gedung kantor menjulang tinggi untuk orang berkumpul. Jakarta mungkin tidak perlu bersesak sesakan lagi di jalan raya karena macet membuat orang menjadi berkumpul, ditambah polusi lengkap sudah.

Menjadi orang yang terpapar terkait kegiatan #Tuberculosis melihatnya menjadi miris. Saya acungi jempol dengan media yang bisa membuat masyarakat menjadi begitu aware bahkan bisa bertindak cepat atas suatu penyakit baru. #TB #Tuberkulosis yang sudah bertahun-tahun umur nya dan mematikan lebih banyak orang, bahkan saat ini sudah begitu banyak TB dengan resisten obat tidak banyak yang peduli, bahkan tidak mau diobati.

Bisa dilihat di grafik yang paling banyak mati per hari di seluruh dunia, dibandingkan dengan bagaima media menginformasikan jauh kalah. Namiun, masih berusaha berpikir positif, dengan adanya virus ini, tentunya skrining lebih kuat. Termasuk TB yang sebagian besar penyakit paru. Jika pemerintah berusaha mendeteksi secara paralel untuk diagnosis TB dan bisa semaniac ini mencari kasus TB di seluruh Indonesia dan dunia, dan mengisolasinya seperti Corona yang harus dikurung dalam 6 bulan atau bahkan 2 tahun untuk memastikan sembuh (meskipun tidak manusiawi). Saya pikir bisa tercapai 2030 bebas TB.

Semoga dunia semakin sehat saja doa ku.. karena rencana bikin seminar jadi cemas karena bisa bisa harus diundur atau batal.

Tinggalkan komentar