PENGERTIAN MONITORING DAN EVALUASI

Oleh: Suzanne Blogg

Monitoring

Monitoring adalah proses rutin pengumpulan data dan pengukuran kemajuan atas objektif program./ Memantau perubahan, yang focus pada proses dan keluaran

  • Monitoring melibatkan perhitungan atas apa yang kita lakukan
  • Monitoring melibatkan pengamatan atas kualitas dari layanan yang kita berian

Evaluasi

Evaluasi adalah penggunaan metode penelitian social untuk secara sistematis menginvestigasi efektifitas program. /Menilai kontribusi program terhadap perubahan (Goal/objektif) dan menilai kebutuhan perbaikan, kelanjutan atau perluasan program (rekomendasi)

  • Evaluasi memerlukan desain studi/penelitian
  • Evaluasi terkadang membutuhkan kelompok kontorl atau kelompok kpembanding
  • Evaluasi melibatkan pengukuran seiring dengan berjalannya waktu
  • Evaluasi melibatkan studi/penelitian khusus

Perbedaan dan Persamaan Monitoring dan Evaluasi

Kaitan antara Monitoring dan Evaluasi adalah evaluasi memerlukan hasil dari monitoring dan digunakan untuk kontribusi program

Monitoring bersifat spesifik program. Sedangkan Evaluasi tidak hanya dipengaruhi oleh program itu sendiri, melainkan varibel-varibel dari luar. Tujuan dari Evaluasi adalah evalausi efektifitas dan cost effectiveness.

Ilustrasi Input, Output, Outcome dan Impact

Inputs, Process dan output merupakan suatu monitoring. Dalam menentukan Input, process dan Output sangat tergantung dari program, sehingga dapat berpindah-pindah.

Outcomes dan Impact merupakan suatu evaluasi

Contoh Pertanyaan Penelitian Monitoring dan Evaluasi

  1. Berapa persentase populasi target yang menggunakan kondom dengan mitra non-reguler? (Outcome)
  2. Apakah pengetahuan yang teapat mengenai transmisi HIV/IMS meningkat di populasi target? (Output)
  3. Berapa banyak kondom yang telah didistribusikan selama 6 bulan terakhir? (Output)
  4. Apakah populasi target semakin sering mengunjungi klinik IMS di area target? (Output)
  5. Apakah struktur social semakin kuat untuk mendukung ODHA? (Impact)
  6. Apakah tingkat IMS menurun di populasi target? (Outcome)
  7. Apakah rujukan ke tempat-tempat VCT meningkat? (Output)
  8. Seberapa besar dukungan lingkungankebijakan institusi terkait usaha pencegahan HIV? (Input)
  9. Seberapa terlatih dan siapkah para pendidik sebaya? (Output)
  10. Seberapa tinggikah tingkat kesesuaian media kampanye untuk populasi target terkait? (Output)
  11. Apakah prevalensi HIV menurun? (Dampak)
  12. Seberapa banyak anggota staf yang tersedia untuk melakukanpekerjaan ini? (Masukan)

66 pemikiran pada “PENGERTIAN MONITORING DAN EVALUASI

  1. Thanx atas ilmunya,

    Mengenai kebutuhan/permintaan obat apakah perlu kita monitor khususnya untuk IMS?

    • Kalau menurut saya perlu, karena dari data monitoring tersebut kita bisa melihat bagaimana insidensi IMS, trend, resistensi, dll.
      Sempat kami coba juga untuk evaluasi masalah obat HIV di Jogjakarta. tapi susahnya minta ampun dapat datanya. apalagi IMS yang bisa berbeda-beda setiap orang obatnya.
      Tetap semangat..!!

    • Terima kasih atas ilmunya yaa

  2. menarik..q sering membaca dan mempergunakan kata monitoring dan evaluasi sebagai satu paket tapi g terlalu detail bedanya kecuali bahwa monitoring terus menerus sedang evaluasi tidak , jadi terimakasih ilmunya

  3. ok, sangat menarik apalagi saya masih baru sebagai MONEV ut program pengendalian HIV AIDS di Kota Baubau Prov Sultra, walaupun sdh ada buku panduan tetapi sebagai tambahan referensi sangat bermanfaat, trims

  4. keren, semoga bermanfaat!!! cheers

  5. Apakah dalam pembuatan laporan monitoring harus menggunakan metodologi seperti yang lazim digunakan dalam penelitian?

    • Sebenarnya kalau monitoring sifatnya hanya untuk melihat perkembangan. Sehingga tidak memerlukan analisis mendalam.
      nanti kalau pas evaluasi baru deh… perlu di analisis dan di bahas secara mendalam melalui metodologi penelitian yang baik. imho
      thanks atas kunjungannya

  6. evaluasi monitoring sendiri definisinya ap?

    • wah pertanyaan yang cukup menarik. Saya juga baru dengar tuh.. jadi maksud nya mengevaluasi kegiatan monitoring. Begitu? saya rasa itu pekerjaan itu seperti mengevaluasi indikator-indikator yang digunakan untuk monitoring.
      Sorry… belum bisa jawab.

  7. pak,,,,nama saya Natalisto Pereira, saya mau bertanya mengenai monitoring dan evaluasi,,,,bagaimana cara untuk melakukan monitoring dan evaluasi yang baik dalam suatu program kerja…..pa2 tolong kirim pendapat bapak lewat e-mail saya, nito.bryan2012@gmail.com.

    • Terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya. Sebenarnya singkat saja, dalam pengalaman saya melakukan monitoring dan evaluasi, yang paling terpenting adalah memang sesuai teori SMART:
      · S = Specific
      · M = Measurable
      · A = Achievable
      · R = Relevant
      · T = Time-bound

      Intinya, harus sesuai dengan apa yang menjadi target pada bagian input, proses, output dan outcome.
      Dan pada awalnya, jangan muluk-muluk.. dari data yang apa adanya dulu aja.. jangan buat kerjaan baru..

      semoga bermanfaat.

  8. Pak, apakah untuk evaluasi kita sebaiknya punya kemampuan dalam statistik dan selalu ditampilkan dalam bentuk grafik hasil yang di dapat. kalau tidak bisa statistikapakah ada cara lain
    ?

    • sebenarnya nggak perlu mbyangin kalau statistik itu harus yang ribet-ribet. Analisis deskriptif sederhana saja sudah cukup sebenarnya. Kan statistik itu cuma alat dan tampilan grafik agar lebih mudah dibaca saja. tapi yang lebih penting bagaimana menerjemahkannya dan menjadikannya sebagai kebijakan untuk perbaikan ke depan.

      SEtuju nggak?

  9. mas mohon ijin memakai blognya buat literatur boleh? 😀

  10. makasih atas ilmunya

  11. tahu nggak maksud dari tipe evaluasi ini Total Evaluation
    Partial Evaluation
    Time related Evaluation
    Eye wash Evaluation
    Whitewash Evaluation
    Submerged Evaluation
    Concurrent evaluation
    Terminal evaluation
    Pre-evaluation
    Internal evaluation
    External evaluation

    • Maaf baru balas, saya kemarin konsulkan dulu ke ahli monev.. namanya mas kharisma dari Asia Foundation. Berikut jawaban dari beliau:

      Total Evaluation: evalusi keseluruhan program dan lembaga, jadi bulan hanya proyeknya, tapi lembaganya juga

      Partial Evaluation: hanya komponen tertentu dari suatu program, misalnya dalam program HIV, hanya VCT-nya aja yg dievaluasi

      Time related Evaluation: yg ini aku nebak2 aja: evaluasi yg mengandalkan perbedaan dari sisi waktu, longitudinal, trend dll

      Eye wash Evaluation: evaluasi nyari yg bagus aja

      Whitewash Evaluation: nutupin yg jelek (evaluasi untuk bersih2)

      Submerged Evaluation: menghilangkan yg bagus

      Concurrent evaluation: evaluasi bersamaan dengan kegiatan evaluasi lain

      Terminal evaluation=final evaluation, diakhir program

      Pre-evaluation : evaluasi/ studi awal yang digunakan untuk menentukan ekspektasi stakeholder, establishing evaluation setting, membuat TOR, juga disebut sebagai Evaluability ASsessment

      Internal evaluation : evalauasi yang dilakukan oleh pihak internal (self-evaluation)

      External evaluation : evaluasi yang dilakukan oleh pihak eksternal

      ada website untuk glossary evaluation

      semoga bermanfaat.

  12. Selamat pagi
    Mas saya mau tanya, apakah pengawasan itu sama dengan monitoring?
    Setidaknya apakah keduanya ‘bisa dibilang sama’???

  13. sumber buku nya apa ?

    • Mohon maaf, ketika itu saya hanya mencatat dari training. dan tidak menanyakan sumberya.
      Benar juga ya.. mungkin lain kali saya akan menanyakan sumberya lebih jelas.

  14. kalo keterusan bosen, bisa ndak sekali-kali kirim ke email saya sang.faisol@yahoo.com
    kadang mencari alamat anda sekali ketemu, lain lagi susah lagi

  15. saya kira wajar dan masih bisa saya pake tuk referensi, so. banyak yang harapkan, beberapa konsep tentang monev mohon diemailkan ke alamat saya yi :
    sang.faisol@yahoo.com

    • Baik, sudah saya kirimkan lewat email bahan pelatihan ketika dulu monev HIV/AIDS, semoga bermanfaat.

  16. saya tertarik sekali dengan monev ini,tapi rencana mau saya implementasikan pada pelayanan keperawatan.mohon saya minta diemailkan tentang monev ini apa bisa dilakukan untuk monev penggunaan SOP.saya mohon sekali lagi kirim keemail saya sitihotna@gmail.com.trmksh bnyk atas bantuannya,kutunggu ya.

    • Sebenarnya saya agak bingung apa yang harus saya email. Karena informasi yang saya miliki telah saya letakkan di blog.
      Yah saya rasa tentu saja bias untuk mengevaluasi penggunaan SOP di rumah sakit. yang jelas perlu disepakati oleh seluruh stakeholder terkait mengenai indicator input, proses, ouput dan outcome dari penggunaan SOP tersebut.

      teriamkasih telah mengunjungi blog saya

  17. terimakasih atas kirimannya.

  18. mas, butuh bantuan nih, bisa gak kasih contoh cara monitoring dan evaluasi dengan variabel yang dihitung. Bagaimana suatu kegiatan yang di evaluasi itu dikatakan berhasil atau tidak?. Bisa dibantu ya mas. makasih 🙂

    • maaf mas, saya agak bingung dengan pertanyaannya. maksudnya variable nya dalam bentuk continues? yah bias saja. sebagai contoh berapa kali kegiatan dilakukan, berapa pembiayaan untuk kegiatan tersebut, berapa orang yang terlibat. dll

      kalau dikatakan berhasil atau tidak jelas kita membandingkannya dengan target atau standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

      semoga membantu

  19. Saya ingin bertanya langkah awal dalam pelaksanaan monev itu sendiri apa?

    • Kalau menurut pengalaman saya sih.. paling utama sekali, pastikan tujuan monev itu sendiri. Seringkali kita kita langsung ke indicator, sehingga nggak focus.
      setelah tujuan disepakati bersama, pengeambangan indicator berdasarkan input, proses/ output, oucome dan impact baru dibuat.

      semoga bermanfaat.

  20. Ping balik: ­­­Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Satuan Pendidikan | Afid Burhanuddin

  21. untuk kegiaan pelatihan keahlian Konstruksi apa saja yg jadi objek montoring dan bntuk evaluasinya. tks

    • Mohon maaf, saya bukan ahli konstruksi sehingga tidak bisa memberikan feedback variabel untuk monev nya..

  22. minta pengertian staling jg dong……….

  23. terima kasih atas ilmunya kini aku lebih mengerti apa saja yang seharusya dilakukan saat melakukan evaluasi

  24. Salam, saya mau tanya buku tentang monitoring dan evaluasi ada di buku apa dan karya siapa? Terimakasih

    • Sorry baru balas..karena saya konsultasi dulu dengan ahli monitoring dan evaluasi mas Kharisma.. beliau menyarankan web yang sangat bagus yaitu http://mande.co.uk/
      monggo dicoba, banyak referensi di sana terkait monitiring dan evaluasi.
      Semoga bermanfaat

  25. terima kasih buat penjelasannya 😀

  26. Dear Hafidz,
    apakah bisa menyediakan pertenyaan monitoring untuk melakukan analisis, saya menggunakan untuk mengerjakan skripsi saya
    terima kasih

    • Dear Mas Steven,
      Mohon maaf saya tidak dapat menyediakan pertanyaan tersebut karena sangat tergantung dari permasalahan dan konteks skripsi mas sendiri.

      Semoga sukses skripsi nya ..

  27. Mas Hafidz, ada contoh monitoring pada bimbel ? atau sekolah.

    • Maaf mas Hendri saya tidak punya, dan saya juga bukan ahli pendidikan, jadi tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut. Tapi saya senang untuk berdiskusi.

  28. mas boleh minta daftar pustaka nya tentang monitoring

    • Tulisan ini saya buat berdasarkan kuliah pelatihan monitoring dan evaluasi HIV/AIDS yang diberikan oleh Suzanne Blogg di tahun 2009 di Jakarta.
      kalau sumber pustaka lain yang dimaksud, mohon maaf saya belum bisa menjawab. makasih telah berkunjung

      • dear mas hafidz
        bagaimana yang dinamakan monitoring dan evaluasi dalam sejarah mas?

  29. dear mas hafidz
    mas bagaimana yang dikatakan dengan monitoring dan evalusi dalam sejarah?

  30. jazakallahu ilmunya

Tinggalkan komentar