Pengalaman terlibat dalam rapat Staff Nuffield

Hari ini saya mendapatkan pengalaman untuk bergabung dengan staff Nuffield untuk diskusi terkait kegiatan mereka.  Seperti perencanaan pertemuan tahunan mereka lah, yang mereka sebut sebagai Nuffield-away. Pemilihan tempat juga sangat menyenangkan di Kirkstall abbey.  Mungkin bisa diadopsi oleh centre atau bagian nantinya. Dalam diskusi, mereka juga melibatkan PhD student untuk mendapatkan masukan, dan tentunya karena PhD student sebagai sumber penelitian.

Dalam kegiatan ini mereka memisahkan kelompok education dan research. Kebetulan saya berada di kelompok research. Dalam research, Nuffield memecah topik penelitian menjadi 2 yakni health care dan health system. Kegiatan penelitian ini pada umumnya dilakukan secara terpisah, dan dalam diskusi ini mereka mencoba untuk mengintegrasikannya.

Banyak tema yang ingin dibahas sebenarnya, sebagai contoh: 1) essential package and health care; 2) maternal health care; 3) family planning; 4) behavior change; 5) secondary data; 6) drug resistant. Karena sebagian besar banyak yang focus dalam behavior change, berikut contohnya untuk cara mengevaluasinya, dan merencanakan kegiatan ke depan:

Group What we did Evidence Explanatory Development Evaluation Funders Next step
Community Systematic review of .. What we don’t know we should know?

e.g. exercise, effectiveness of intervention/ policy.

         
Facility              
Staff              

Secara umum mereka menggunakan 4 tahap yakni (GROW): Goal, Reality, Options, Will. Saya pikir ini tahapan yang bagus, untuk masing-masing topik, tapi proses ini cukup memakan waktu. Apalagi ketika kita belum mengidentifikasi dari awal kegiatan apa saja yang sudah dilakukan. (Adapted from Coaching for Performance-Sir John Whitmore 2002)

Hal lain yang saya lihat di sini adalah, betapa orang-orang sibuk ini (banyak professor) mampu mendedikasikan waktunya untuk duduk bersama, mendengar, dan menyampaikan pendapatnya secara arif dalam diskusi. Sehingga setiap orang memiliki kontribusi yang cukup berimbang. IMHO.

Tinggalkan komentar