RSS

Markov Model

15 Des

Halo rekan-rekan, kali ini saya akan berbagi sekilas terkait bagaimana kerja sebuah markov model. Dari 4 tahun yang lalu saya pertama kali mendengar dari Prof. Siswanto terkait hal ini ketika berdiskusi dengan Prof. Tim Ensor. Akhirnya baru sekarang benar-benar bisa terealisasi belajar dengan teman health economist PhD di sini dari Thailand –Pritapon Ashley Kingkaew-, staff HITAP lulusan York University.

Jadi menurut saya markov model adalah sebuah model probabilitas dari suatu peristiwa terhadap peristiwa itu sendiri, dan kepada peristiwa lain, dengan periode siklus tertentu. seperti gambar di bawah ini

markov model example

lalu lebih lanjut dengan mengetahui probabilitas dari masing-masing peristiwa tersebut kita bisa menghubungkannya dengan biaya yang terjadi. Sebagai tambahan, tidak hanya dengan biaya, tapi kita juga menghitung berapa kualitas hidup seseorang pada masing-masing siklus (waktu).

Untuk lebih jelasnya bisa langsung deh lihat contoh file excel exercise yang saya buat (https://www.dropbox.com/s/57yhbhejhwbsy1i/markov%20model%20exercise%20by%20Pritaporn.xlsx?dl=0).. Cuma perlu diingat ini masih satu model. Jelas, kalau mau membandingkan dengan intervensi lain yang merubah kejadian probabilitas, atau biaya yang berbeda, kita buat dua model untuk dilihat incremental costnya = perbedaan cost/ perbedaan qaly.

Selamat belajar dan berdiskusi bersama

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15/12/2014 in Health economics, Kuliah

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: