RSS

Fact sheet: Kemiskinan–Menabung

23 Apr
  • 2 tujuan menabung adalah: smooth consumption dan life cycle.
  • Tidak berguna untuk menabung jika anda tahu bahwa anda akan lebih banyak mendapatkan di masa mendatang dengan tanpa menabung, atau anda tahu bahwa anda akan menyia nyiakan uang tersebut di masa mendatang karena sebagai contoh mati dalam waktu dekat.
  • Orang miskin tidak bisa menabung (kurang dari 20 persen orang miskin bisa menabung), karena 1) uang untuk hari ini saja sudah habis untuk konsumsi dasarnya dan yang 2) akses kepada bank sulit karena adanya fix cost pada bank itu sendiri.
  • Orang yang memilih menabung di rumah memiliki 3 risiko : 1) kemanaan 2) inflasi 3) pengaruh untuk lebih menggunakan karena uang berada di tangan.
  • orang miskin juga bisa menabung dengan cara arisan (ROSCA). dengan begitu mereka bisa mengontrol diri dan bisa mendapatkan uang lebih cepat dari menabung biasa.
  • Ada isitilah bidding dalam arisan daripada dibagi secara gambling. Yakni, orang yang pingin mendapatkan hasil arisan lebih cepat, maka dia akan membayar uang tambahan. dan siapa yang bisa paling banyak, dia yang bisa mendapatkan duluan. sedangkan uang tambahan tersebut didistribusikan untuk anggota lainnya. seperti bunga dalam bank.
  • Kelemahan dari arisan adalah: 1) sifatnya singkat –tidak bisa untuk menabung jangka panjang seperti untuk pensiun- 2) sifatnya tidak flexible, sebagai contoh 10 dollar per minggu. padahal pendapatan seseorang bisa sangat bervariasi; 3) ada kecenderungan arisan bersifat uang yang kecil,
  • Orang miskin juga bisa menabung dengan 2 cara: 1) membangun rumah dengan perlahan, bata demi bata. tapi permasalhaannya adalah sifatnya yang tidak liquid. 2) membeli emas, selain untuk perhiasan juga memiliki nilai yang mengikuti inflasi dan liquid (bisa dijual kapan pun)
  • Jenis lain menabung pada orang miskin adalah: self-help group: yakni menabung secara bersama tapi tidak ada minimal nilai untuk menabung dan ada orang yang juga meminjam dan tentu saja dengan bunga. lalu dari nilai tabungan beberapa persen untuk si akuntan. kalau di indoneisa mirip koperasi sebeanrnya.
  • dan yang lain lagi juga adalah dengan mikrokredit. memang agak aneh, tapi dari pada menabung pelan-pelan untuk membeli TV sebagai contoh, lebih baik, meminjam uang dari mikro kredit atau dari koperasi itu sebenarnya, lalu membayar bunga yang kecil setiap bulannya. bisa dianggap sebagai menabung juga cuman mendapatkan nilai yang diinginkan di awal.
  • Orang cenderung untuk menabung secara terpisah (contoh: antara suami dan istri) dengan bunga yang lebih rendah atau bahkan “0”, karena mereka lebih merasa aman dengan jenis tabungan seperti itu.
  • Berikut saya lampirkan mengenai efek dari hidup prihatin … wkkwkw..

https://docs.google.com/spreadsheet/pub?key=0AnXaYq3AaueIdDVwZ0xMVkNrWEFPQXVWOFg4V2RUbEE&single=true&gid=0&output=html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23/04/2013 in Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: