RSS

Technical Overview of Costing

10 Okt

DSC_5958

Oleh: Annette

Terdapat banyak sekali metodlogi costing. Dari sekian banyak jenis costing tersebut, tidak ada satu pun yang terbaik, semuanya sangat tergantung dengan kondisi. Namun costing untuk provider payment sangat berbeda dengan costing untuk research.

Untuk metdologi costing, sebagian besar yang digunakan adalah:

(1) Botom-up approach/ micro-costing/ detailed costing;

Menghitung seluruh sumber yang digunakan oleh pasien. Seperti personel time, drugs, test, BMHP.

Pengambilan data dapat dilakukan melalui: (1) rekam medis; (2) survey kepada dokter terhadap pelayanan yang dilakukan.

Kelebihan:

  • Direct measurement of resources used by services or patient provides potentially more accurate cost results
  • Direct measurement provides more detailed information the cause and effect relationshiop between resource use and cost
  • Standized data collection can facilitate consistent measurement of resources used

Kekurangan

  • Sangat lama , kompleks, dan ibaya tinggi
  • Metode ini mungkin bias mengakibaktan underestimate atau bias terjadi double counting
  • Untuk pembayaran yang bersifat bundle dan kita menghitungnya satu persatu, maka akan sangat lama atau bias dikatikan mubazir.

(2) Top-down Approach (macro costing/ average costing)

SEluruh biaya PPK, baik administrasi, intermediate cost, akan dialokasikan kepada departemen. Namun biaya personel, obat dan BMHP yang jelas diguankan di department tertentu, maka akan langsung dialokasikan secara lansung dan dibagi berdasrkan jumlah utilisasi.

Data diambil dari:

  • Staf lists and staff time assignment by deparment
  • Salary of staff
  • Drug and medical supplu consumption records
  • Building floor plans and equipment
  • Utilsasi deparmetn intermediate
  • Budget, expenditure preot and cash book
  • Treasurey disbursement, payment voucher, invoices
  • Facility claims

Dari seluruh pasien dengan kondisi yang sama. Diperoleh rata-rata biaya pasien.

Cost allocation to Deparments

Indirect cost

Allocation basis

Listrik

Luas ruang

Maintenance

Luas ruang

Drugs

Prescriptions

Patient food

Patient days

Cleaning supplies

Floor area

Linens

Patient days

Phone

Physicians

Fuel and oil

discharges


Department costs

Allocation basis

Administration

Staff

Registration

Discharge

Step down cost accounting

Kelebihan:

  • Cost information is more comprehensive, sesuai yang didoumentasikan
  • Flexible karena bisa membundle dari pelayanan
  • Relative cost provide insight on the cost function which is necessary for provider payment rate setting
  • Implementation is less, complex, time consuming and costly

Kekurangan

  • Produces average cost for a volume of services or patient so is veiewd as less accurate
  • Use of cost allocation criteria to apportion costs can be viewe as arbitrary
  • Method does not directly measure resources use so provides information on the cause and effect relationship between resources used and their cost.

Pemlihan Metode tergantung dari:

  • Policy context, payment method yang hendak dilaksankana
  • Budget dan kapasitas yang dimiliki untuk melakukan studi
  • Tuuan: untuk research, atau provider payment
  • Sebarapa akurat hasil yang diperlukan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10/10/2012 in Health economics

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: