RSS

Catatan Perjalanan ICM Asia Pasific Regional Conference 2012 – Hanoi, Vietnam

15 Agu

ICM (International Confederation of Midwives/Asosiasi Bidan Asia Pasifik) dan VAM (Vietnamese Association of Midwives/Asosiasi Bidan Vietnam) mengadakan sebuah konfrensi dengan tajuk Asia Pasific Regional Conference 2012. Bertempat di Hanoi, Vietnam. Acara ini berlangsung pada tanggal 24 – 26 Juli 2012.

Pembukaan acara ICM Asia Pasific Regional Conference 2012 (24/7) dimulai dengan beberapa penampilan kesenian tradisional dari Vietnam. Diawali dengan tabuh genderang dan tari-tarian oleh putra putri terbaik dari Vietnam. Selain itu ada juga pemampilan koor massal dari ibu-ibu yang bernyanyi. Suasana saat itu sangat meriah dan menghibur para peserta.

Wakil Presiden Vietnam, Nguyen Thi Doan tidak bisa memberi sambutan pada pertama hari pertama pembukaan ICM Asia Pasific Regional Conference 2012 karena kesibukannya. Selanjutnya, Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Vietnam, Prof. Nguyen Viet Tien. Dalam acara sambutan turut berpartisipasi President Vietnamese Association of Midwives ,Mrs. Phan Thi Hanh, Secretary General International Confederation of Midwifves, Mrs. Agneta Bridges , Deputy director of UNFPA Vietnam Madeep dan juga Pendiri asosiasi bidan di Vietnam, Chichno Nohno. Dalam acara pembukaan tersebut dapat ditarik benang merah mengenai pentingnya wanita dalam kerangka hidup dan perkembangan kesehatan ibu anak di dalam tingkat dunia terutama Asia Pasifik. Merupakan suatu kebanggan bagi Vietnam sebagai tuan rumah telah mencapai kesuksesan yang besar dalam capaian MDG (Millennium Development Goals) untuk menurunkan kematian ibu. Dalam acara tersebut, Indonesia juga mempromosikan Bali sebagai tuan rumah ICM pada tahun 2020.

Topic bahasan dalam acara ini cukup luas, dari topik kecil paling seperti pentingnya pendeteksian dini kanker serviks, pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan reproduksi, permasalahan kesehatan ibu yang menjadi pengungsi yang di beberapa negara hingga yang bersifat Besar seperti kebijakan pemerintah dalam mengintegrasikan dukun bayi dan lesson learn dari berbagai negara dalam usahanya mencapai target MDG.

Dalam acara ini, Pusat KPMAK FK UGM mengirimkan perwakilannya, Firdaus Hafidz. Dalam acara ini beliau mempresentasikan presentasinya dengan judul “Ensuring Financial Access to Delivery Services for The Poor: The Case of Indonesia”. Sebuah proyek kerjasama dengan OPM and UGM, dan didukung oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, GIZ and AusAid. Presentasi tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program Jampersal (Jaminan Persalinan) dari sisi pembiayaan. Penghitungan dilakukan secara normative untuk membandingkan biaya sebenarnya dikeluarkan dalam kegiatan Jampersal demgan tarif yang ditetapkan oleh pemerintah. (Donne)

Link presentasi

http://prezi.com/iv0kzuzvckta/present/?auth_key=u46no2y&;;follow=hafidzf

Sumber: Catatan Perjalanan ICM Asia Pasific Regional Conference 2012 – Hanoi, Vietnam http://kpmak-ugm.org/news/210-catatan-perjalanan-icm-asia-pasific-regional-conference-2012-%E2%80%93-hanoi,-vietnam.html#ixzz23b5MdT3b

Perjalanan yang cukup melelahkan ke Hanoi Vietnam dari Jogjakarta. Pergi pertama kalinya ke sana untuk menghadiri acara ICM asia pasifik 2012.Berikut foto-foto kenangannya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15/08/2012 in Dunia Kesehatan, Journal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: