RSS

Health Financing and Insurance Final Seminar

13 Jul

Hari pertama tidak banyak basa basi. Setelah menjelaskan program acara dan rule of the game dari acara DR Jens bersama Ulla langsung melakukan review terhadap module-module yagn pernah kita pelajari selama 6 bulan ini. dan menanyakan keyword dari masing-masing module.

Setelah selesai, kita langung beranjak ke pembahasan transfer project (TP) dengan melalui 2 langkah besar. Yang menurut saya ini adalah kegiatan monitroing dan evaluasi.

A. Monitoring

  1. Kita diminta untuk dipecah-pecah menjadi beberapa group.
  2. Menyampaikan konten dari masing-masing TP kepada teman-teman secara singkat.
  3. Setelah itu ditulis dalam bentuk poster dengan urutan umum: Judul TP, Apa yang telah dicapai dan berapa persen pencapaian.
  4. Dari semua TP yang disampaikan dibagian tengah dari poster dipasang pertanyaan-pertanyaan yang masih mengganjal dan perlu didiskusikan lebih lanjut.

DSC_3053DSC_3047

DSC_3048DSC_3052

B. Evaluasi

Dalam evaluasi, kita melihat dari keseluruhan TP, bagaimana Change  management; Stakeholder involvement dan Dissemination

  1. Change Management

Dalam change management dari masing-masing kelompok, terdapat beberapa poin penting rasanya untuk saya. Ternyata tidak ada satupun dari peserta yang dapat melakukan TP sesuai dengan yang diharapkan sesuai jadwal. Why? ternyata disebabkan oleh adanya ketergantungan terhadap orang lain. Oleh karen aitu dalam perencanaan sebuah aktifitas, dibagi menjadi 2:

  • Internal activities list
  • Activities list yang dilakukan bersama pihak lain.

Dengan dibagi duanya kegiatan ini, maka kita bisa melihat bagaiamana jika terjadi kegagalan ketika bekerja dengan pihak lain tersebut. Atau dengan kata lain, “we are preparing plan B”

Beberapa hal lain yang peting adalah pembuatan mentoring tools yang bagus, dukungan pendanaan untuk kegiatan dan sustainabilitas dari project.

Last but not least.. “be realistic”

2. Stakeholder involvement

Permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam stakeholder involvement adalah:

  • Komitmen dari pihak yang terlibat. Yang tergambar dari seberapa aktif dalam kegiatan.
  • Support. Kontribusi apa saja yang mereka berikan dalam project.
  • Stakeholder analysis

Dalam stakeholder analysis terbagi menjadi beberapa langkah:

  • Tentukan objektif/ tujuan.
  • List all stakeholders organization (LSM, Media, Tokoh Masyarakat, dll)
  • Group the stakeholders (Policy, Funding, Internal, Public, Community and other providers
  • How far they are and look how their relationship.
  • Identify their needs and what they can do for us
  • Setelah itu kita bisa melakukan project strategy sesuai analisis tersebut

DSC_3324

3. Dissemination

Tentu saja seitap project harus memiliki impact. Oleh karena itu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  • Define your objective
  • What does they want
  • What does they do not want
  • Their education level, characteristic
  • Media type that fit to them

Selain langkah-langkah presiapan di atas, ada beberapa hal lain yang harus dilihat juga, yakni;

  • Common interest
  • Conflict of interest
  • Change perception – influence them
  • More than just information
  • “Negotiation”
  • Power relationship – siapa yang paling cocok meyampaikan\
  • Identify the right audience
  • Right moment
  • Identify
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13/07/2012 in Health economics, Kuliah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: