RSS

Toronto, Kanada

10 Nov

Perjalanan ini merupakan perjalanan pertama saya ke benua Amerika. Meskipun tidak ke Amerika, tapi ke Kanada. Yah.. mendekati lah..

Untuk mengurus visa ke Kanada ternyata tidak begitu sulit, tidak perlu proses wawancara dan cukup membayar sekitar 1 jutaan ke agen travel.

Rute perjalanan nya adalah sebagai berikut:

Yogyakarta – Jakarta – Hongkong – Vancouver – Toronto

Baliknya:

Toronto – Hongkong – Jakarta – Yogyakarta

Cukup melelahkan..fiuh..

Ok.. pertama perjalanan saya ke Hongkong dari Jakarta hanya sekitar memakan waktu 4.5 jam.. tidak terlalu melelahkan, apalagi perjalanan pagi dan suasananya masih suasana Indonesia karena penumpangnya banyakan orang Indonesia (naik garuda gitu loh..)

Sesampainya di Hongkong… nah.. kebingungan pertama baru dimulai. Airport Hongkong terlalu besar untuk saya,.. serasa masuk di dalam Mall.. awalnya setelah mendarat saya hendak mencari lokasi untuk check in Air Canada.. waduh.. ternyata sulit sekali karena tempat check in nya terpecah-pecah.. bolak-balik kayak orang tersesat.. tanya ke petugasnya berkali-kali dan petugasnya ternyata juta nggak hafal..

Akhirnya, saya bisa mengerti dimana lokasi nya karena peta.. jadi di sana ada lokasi check in A, B dan E.. nah dari tadi ku pikir di antara A dan B doang.. ternyata ada E yang letaknya jauh sekali.. wkwkkwkw…dan salutnya juga.. mereka juga memamerkan budaya Cina di sana.. dari teather, baju, sepatu, obat tradisional, dll. Di sisi lain, airport ini juga menyediakan tempat ibadan untuk semua agama (meskipun dalam satu ruangan). namun setidaknya bagi umat muslim nggak perlu bingung kalau mau solat..

OK.. berikut gambar-gambarnya ketika di airport Hongkong.

 

DSC_0348 DSC_0346

DSC_0355 DSC_0340

Setelah berangkat ke Vancouver selama berjam-jam.. saya nggak ngerti dan bingung waktu karena semua jendela tertutup.. dan rasanya sampai melalahkan nonton film di pesawat. Untung anak muda di sebelah saya mau diajak ngobrol, jadi nggak terlau membosankan.

Mendarat di Vancouver.. kebingungan kedua dimulai lagi.. wkwkkw… dasar cah ndeso..

ternyata nama paspor dan nama visa saya berbeda. Sebel banget sama petugas imigrasi aku.. nama di paspor full name nya hanya Firdaus Hafidz, sedangkan di visa saya tulis full name nya Firdaus Hafidz As Shidieq. hal ini membuat mereka melihat nama belakang saya yang berbeda.. waduh.. sempat di tanya-tanya sama penjaga imigrasi di sana.. deg-degan juga karena takutnya dikira teroris aku.. hiks..

belum selesai disitu, kebingung ketiga dimulai lagi.. setelah saya tidak dapat mendapatkan bagasi. Wadew.. padahal pesawat transfer menuju Toronto sudah mau berangkat. dan saya harus membuat pernyataan dan lain-lain.. WA….jadi ini buat pelajaran penting bagi saya dan mungkin pembaca. kalau pindah Airline, ternyata kita harus minta tanda bagasi yang berbeda sesuai dengan nama penerbangannya. terkadang mereka tidak bisa melakukan transfer secara otomatis. Dengan meminta tanda bagasi sesuai penerbangan selanjutnya dalam hal ini Air Canada, ini memastikan bahwa Air Canada telah memeriksa bagasi kita, dan memindahkan ke pesawat berikutnya.

.lari tergopoh-gopoh… untungnya pesawat ternyata delay dan bandara tidak sebesar di Hongkong.. fiuh..

DSC_0360

Sampailah aku di Toronto tengah malam.. naik taksi dan sampai di Hotel.. melelahkan sekali. Keesokan harinya karena conference belum dimulai, yah jalan-jalan sendirian di kota. Karena saya nggak mau bilang ada kebingungan yang lain, yaitu saya tidak bawa charger laptop dan tidak punya baju karena bagasinya tertinggal di Hongkong.. yang katanya akan dikirim beberapa hari kemudian.

Menurut saya Toronto memang kota yang cukup mahal di sisi lain terlihat sangat sepi kendaraan sebagai pusat kota. Jadi bermimpi, kapan jogja bisa seperti ini. Hampir semua orang menggunakan public transport terutama subway nya.

Seperti apa kota Toronto? biarkan gambar yang bercerita..

 

Kota

DSC_0366 DSC_0531 Dunia bawah tanah DSC_0543 DSC_0382 DSC_0886 DSC_0896 DSC_0384

Pengamen/ Pengemis

DSC_0370 DSC_0367 DSC_0368 DSC_0698 DSC_1288

Masjid  (Unik Jumatannya,.. 3 kloter)

DSC_0391 DSC_0393

Subway

DSC_0394 DSC_0546

DSC_0564 DSC_0691

DSC_0689 DSC_1282

Train

DSC_0877 DSC_0376

Conference

 DSC_0654 DSC_0655 DSC_0659 DSC_0660 DSC_0663 DSC_0439-1 DSC_0490 DSC_0568 DSC_0570 DSC_0606

Quebec

DSC_1328 DSC_1330 DSC_1333 Pasien bosan di bangsal Tahu mana yang salah? DSC_1231 DSC_1236 DSC_1242 DSC_1253 DSC_1265 DSC_1267 DSC_1268 DSC_1269 DSC_1270 DSC_1274 DSC_1276 Mobil sewa DSC_1301 DSC_1303 DSC_1365

Niagara Falls

DSC_0927 DSC_0970 DSC_1035 DSC_1104 DSC_1105 DSC_1110

Kembali Ke Indonesia melewati batas waktu

DSC_1375 DSC_1373

 
19 Komentar

Ditulis oleh pada 10/11/2011 in Costing Study, Journal

 

19 responses to “Toronto, Kanada

  1. Novian Febiyanto (@febinov)

    10/11/2011 at 11:32 am

    Wah, lagi nyari materi ekokes ternyata ketemu blognya Hafidz. Ternyata kesana kemarin brg Dr. Henni ya?

     
    • Hafidz

      10/11/2011 at 7:47 pm

      Ya kebetulan.. terimakasih atas kunjugnannya ke blog .. semoga bermanfaat..

       
      • fifiliana

        17/06/2013 at 4:33 pm

        Pak hafidz – numpang nanya kalo ke niagara falls itu dari Toronto bisa gak ya ? kebetulan bulan agustus ini saya ada tugas ke WPG Manitoba dan transit di Vancouver – teman2 cerita sekalian ke Niagara falls tapi gak usah nyebrang ke USA – tolong donk minta info nya – tx

         
      • Hafidz

        19/06/2013 at 6:08 pm

        Iya.. sangat bisa. karena saya dari Toronto pada waktu itu. dan berdasarkan infromasi dari guide nya, pemadangan dari kanada lebih acik.. hehe

         
      • Fransiska

        18/11/2013 at 5:00 pm

        Mas tolong banget ada gak nmr tlp agent yg urus visa tourist itu, saya ada undangan dari teman di vancouver canada,tapi mau tlp ke embassy nya kok susah bgt yah. Trus kemarin pas berangkat mas nya pake uang garansi gak direkening,piro?
        Nama travel agent nya apa ya mas
        Tx

         
      • Hafidz

        18/11/2013 at 9:45 pm

        Saya dulu pakai agen nusantara tour (nusatovel.com) dan saya pakai surat jaminan jadi ndak pakai rekening tabungan. Monggo no telp nya diberbagai kota ada .. Bisa dilihat di website

         
  2. KHAIRIL ARDHI

    30/01/2012 at 8:41 pm

    Aslkum..
    keren ya fotonya,
    dlam rangka pa berkunjung kesna saudara?
    anda dokter ya?

     
    • Hafidz

      31/01/2012 at 2:35 am

      Walaikumsalam,
      Kebetulan kemarin ada konferensi perkulumpulan health economic internasional.
      ya saya dokter..
      terimakasih atas lihat-lihat fotonya.. semoga dapat menghibur..

       
  3. tobio

    30/06/2012 at 12:20 pm

    saya tobi dari bali – indonesia. saya mw ngurus visa liburan ke kanada-toronto tapi kendala nya tidak memiliki sponsor😦 ada yang bisa bantu ga ya? jasa anda pasti tidak akan saya lupakan seumur hidup….

     
    • Hafidz

      30/06/2012 at 9:24 pm

      Mohon maaf Tobi, ketika saya ke Toronto tahun lalu saya memiliki sponsor dari lembaga Donatur. Sehingga saya tidak bisa banyak membantu kalau selain itu.

      Tetap semangat dan semoga sukses sampai ke Toronto..

       
  4. Fransiska

    18/11/2013 at 4:57 pm

    Mas tolong banget ada gak nmr tlp agent yg urus visa tourist itu, saya ada undangan dari teman di vancouver canada,tapi mau tlp ke embassy nya kok susah bgt yah. Trus kemarin pas berangkat mas nya pake uang garansi gak direkening,piro?
    Nama travel agent nya apa ya mas
    Tx

     
  5. Wiji

    16/03/2014 at 5:39 pm

    Salam. Mas hafidz…..oktober yg akan datang rencanya saya akan ke oregon…mumpung di luar sekalian kepingin ke vancouver sesudah mampir ke Dc..berdasarkan pengalaman atau cerita kira2 apa saja ya yg harus d urus kalo mau ke canada dari DC..mungkin tau dan bisa share.thx

     
    • Hafidz

      31/03/2014 at 8:09 am

      Salam juga, mohon maaf baru balas, dan juga mohon maaf karena saya belum pernah pengalaman dari DC ke Kanada.. jadi saya tidak bisa memberikan saran. Semoga perjalanan anda lancar dan selamat

       
  6. Jeppy

    15/07/2014 at 6:40 pm

    Maaf, tanda bagasi tuh seperti apa? Mintanya dimana? Maklum saya ndeso mas…

     
    • Hafidz

      18/07/2014 at 11:29 am

      Nomor bagasi yang sama dengan yang tertempel di bagasi , sehingga memastikan tidak tertukar

       
  7. atta

    03/09/2015 at 2:58 pm

    saya atta.
    baru dapat visa transit canada nih hehe…
    mau tanya..visa kanada memang tidak ada fotonya ya? (maaf oot >,>)

     
    • Hafidz

      05/09/2015 at 10:14 am

      Iya .. visa Canada nggak pakai foto.. nggak pakai wawancara, nggak pakai repot. Ha ha

       
  8. Asih M

    08/07/2016 at 10:34 am

    Maap pa, saya mau tanya saat transit di hongkong maksudnya harus minta tanda bagasi yang berbeda sesuai penerbangannya itu bagaimana yah ? Karna sempat atasan saya juga pernah ketinggalan kopernya , jadi saat di hongkong saya harus ambil tas saya lagi atau bagaimana , mohon bantuannya karna nanti saya ada rencana kesana

     
    • Hafidz

      29/07/2016 at 1:26 am

      Maaf baru jawab. Idealnya kalau pesawatnya sudah bekerjasama dan connect, maka kita dengan nyaman pasti barang sampai tujuan. Tapi karena pada saat itu saya pindah airline yang kelihatannya tidak bekerjasama, dari Garuda ke Air Canada ketika di Hongkong. Dulu saya terlalu percaya diri akan pasti terbang bersama saya ke Kanada, ternyata sebaiknya ketika di Hongkong meminta untuk memastikan bagasi kita ada dan terbang bersama kita, nah termasuk tag nya. Tapi seingat saya nggak ngambil bagasi ketika itu. Semoga lancar perjalanan ke Kanada nya.

       

Tinggalkan Balasan

 
