RSS

Cap Jempol

04 Jun

Sekarang tahun 2011. Dimana ketika itu saya membayangkan sudah tidak ada lagi yang mengenal roda. semua transportasi berterbangan di atas kota. Baju-baju manusia seperti robot..dan gedung-gedung tinggi menjulang dan berbentuk unik berbetebaran. Bahkan sudah ada yang meramalkan di tahun berikut nya merupakan hari kiamat. Yah itu imajinasi orang ketika di tahun 90 an.. ketika membuat sebuah film layar lebar.

Kenyataannya sekarang, ?? untuk di kota orang sudah mulai menikmati setiap harinya dengan pesawat terbang untuk pergi ke satu tempat ke tempat lain. Dengan harga yang semakin terjangkau. Harga kereta api dan pesawat terbang seperti tidak terlalu beda jauh kecuali anda naik bisnis atau ekonomi.

Saat itu perjalanan saya dari Jogjakarta menuju bekasi menggunakan kereta bisnis. lalu dijemput di Cileungsi menuju Kecamatan Sukamakmur, Bogor untuk sebuah survei maternal. Dalam perjalanan ke sana, saya merasa seperti bukan di pulau jawa. benar-benar membuat saya takjub. Rumah dinas tenaga kesehatan di sebelah Puskesmas benar-benar miris.. jika anda menyenggol nya saja.. rontok semen pembungkus dindingnya.. tegelny ambles.. dan airnya berebetulan dengan Puskesmas. Saya merasa lebih baik Rumah Dinas tenaga kesehatan di Handil Baru dan Timika ketika itu. Apalagi kondisi jalannya…

Yang lebih membuat saya heran adalah, ketika melakukan supervisi terhadap hasil kuesioner teman-teman di sana. banyak sekali jawabannya yang tidak tahu.. saya bertanya-tanya kenapa? ternyata mereka menggunakan tanggalan Hijriah, bukan Masehi. Sehingga mereka tidak bisa mengkonversi ke tanggalan yang pada umumnya digunakan di Indonesia. Meskipun sebenarnya saya juga malu karena tidak hafal tanggalan HIjriah sebagai umat muslim. Di sisi lain, mereka juga masih buta huruf, sehingga tanda tangan menggunakan cap jempol dengan cara menggunakan tinta bolpen. Unik sekali..

Yang membuat saya tidak habis pikir adalah, ini Bogor, dekat sekali dengan istana Bogor, dengan sekali dengan ibu kota, dekat sekali dengan presiden.. apa yang salah?

IMG_20110512_153018 IMG_20110513_101523

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 04/06/2011 in Journal

 

Tinggalkan Balasan

 
