RSS

Kemenkes Usulkan Dana Jaminan Persalinan Rp2,3 Triliun

15 Okt

Umum / Kamis, 14 Oktober 2010 21:34 WIB

Metrotvnews.com, Bangka: Kementerian Kesehatan mengusulkan dana sebesar Rp2,3 triluan untuk program kegiatan jaminan persalinan. "Dana sebesar itu akan dipergunakan untuk program jaminan persalinan pada saat ibu akan melahirkan, yang dimulai pada tahun 2011," kata Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kemenkes Dr. Budihardja, DTMH, MPH, saat berkunjung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Kamis (14/10).
Budihardja mengatakan, dana sebesar itu di luar dari dana anggaran jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang diberikan khusus bagi masyarakat miskin. "Sedangkan jaminan persalinan ini diberikan kepada semua ibu yang akan bersalin baik miskin maupun mampu dengan syarat dirawat di rumah sakit (RS) di ruang kelas tiga," katanya.
Dia mengatakan, dana yang diusulkannya tersebut diharapkan dapat dikabulkan oleh badan anggaran DPR RI, agar program yang direncanakan dapat terlaksana. "Kemenkes RI mempunyai tugas berat yaitu menurunkan angka kematian ibu dan bayi hingga mencapai 102 kasus pada akhir 2015 dari sebelumnya sebanyak 307 kasus ibu dan anak yang meninggal pada 2003," ujarnya.
Dia mengakui masih adanya prilaku masyarakat yang masih menggunakan jasa dukun bayi pada saat melahirkan. "Prilaku semacam itu memang harus diubah secara bertahap dengan memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat mengenai pentingya suatu kesehatan," katanya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15/10/2010 in Dunia Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: