Perhitungan Premi Asuransi Kesehatan

Tugas Take home Pak Kasir

Sebenarnya cukup sedih pada hari itu saya nggak bisa ikut kuliah beliau dari hari pertama. meskipun pada semeser sebelumnya pernah ngintip kuliah beliau di angkatan sebelumnya. tapi tetap aja ngerasa nggak full. Tapi aku juga jadi heran, kok teman-teman bisa percaya sama kerjaanku ya..? padahal aku sendiri nggak ikut kuliah dari pertama pada waktu hari kedua latihan itung-itungan.. yah mudah-mudahan benar..
terutama yang membaca blog ini, semoga bisa ngasih masukan.

Ada dua latihan:
yang pertama memperhitungkan premi asuransi ku ketika berumur 26 sampai 30 tahun.
yang kedua memperhitungkan premi untuk jaminan kesehatan .. dengan berbagai produk.. banyak asumsi sih di sana..

ok.. nggak usah basa-basi lagi. silakan download di sini
1. perhitungan premi individual
2. dasar perhitungan morbiditas
3. laporan perhitngan premi jaminan kesehatan daerah
4. lampiran perhitungan premi jaminan kesehatna daerah

Selamat belajar..!!

Iklan

22 pemikiran pada “Perhitungan Premi Asuransi Kesehatan

  1. Assalamualaikum,wr.wb. salam kenal mas Hafidz.
    Saya nova mahasiswi IPB, saya sedang melakukan penelitian tentang asuransi. Saya tertarik dengan cara menghitung premi asuransi jiwa yang menggunakan peluang kehidupan manusia. Bisa kasih contoh gak bagaimana cara menghitung premi asuransi kesehatan menggunakan peluang seseorang sakit. Terimakasih

    • Walaikumsalam wr.wb.
      memang untuk peluang seseorang sakit agak susah dibuat seperti tabel peluang kematian. Karena setiap penyakit mempunyai peluang yang berbeda-beda. Namun ada konsensus bersama, yang saya dapat dari dosen, kalau utilisasi orang datang ke fasilitas kesehatan adalah 10-15%.
      Semoga bermanfaat.

  2. Ass,
    saya mahasiswa UI jurusan Adm Asuransi dan Aktuaria D3 FISIP, saya sedang menyusun TA dengan mengambil tema penetapan premi dasar asuransi kesehatan kumpulan. namun saya belum cukup data dan saya tidak mempunyai buku mengenai hal tersebut, saya mau tanya apakah anda mempunyai bahan mengenai konsep dasar dari penetapan premi askes?

    • Saya sebenarnya tidak punya buku khusus. hanya belajar dari modul-modul PAMJAKI yang sebenarnya merupakan adopsi dari buku di Amerika sono.

  3. Assalamu’alaikum
    salam kenal pak hafidz, sy mak 2011
    tks byk sdh d bntu. bnr2 jd bahan pertimbangn yg berhrga. 🙂
    waslm

    • Walaikumsalam,
      salam kenal juga…ya semoga bermanfaat. kalau ada diskusi atau komentar silakan.. saya akan sangat senang.
      Terimkasih

  4. Aku boleh ngintip juga hasil perhitungannya kan? dapat tugas take home beliau juga. Aku sih udah berusaha “ngge-rengreng” semampuku. Tapi, denger-denger hasil kerja aktuaria mas Hafidz memang mantap..he..he..

    • Yah saya sih nggak masalah, yang penting bisa membantu proses belajar. Toh saya punya belum tentu benar..
      terimkasih komen nya..
      like it

  5. Lulusan dari D3 asuransi & aktuaria UI ya mas?
    Angkatan tahun brp?

    • Bukan.. saya cuma lulusan kedokteran UGM, angkatan 2002. Anda lulusan aktuaria? wah saya sangat senang bisa diskusi dengan aktuaria untuk memperkaya ilmu.
      TErimaksih atas komentar dan kunjungan ke blog

  6. Salam kenal pak saya Adi, baru sbg agent asuransi kesehatan saya tertarik dgn cara hitung asuransi kesehatan baik Rawat inap atau rawat jalan, dari kumpulan blog2 yg saya baca mungkin bisa disimpulkan pak proses hitung premi asuransi kesehatan itu secara keseluruhan dari sisi asuransi thd sebuah perusahaan itu seperti apa yah? atau lebih tepatnya perhitungan apa saja yg dilakukan oleh aktuaria sebuah asuransi kesehatan untuk menetapkan premi thd sebuah preusahaan, Terima Kasih

    • Maksudnya anda mau memberikan polis asuransi kesehatan kepada suatu perusahaan? Hal-hal yang perlu dipherhatikan dalam faktor seleksi asuran kesehatan kumpulan adalah:
      – ukuran kelompok
      – jenis industri/ perusahaan
      – komposisi kelompok
      = persistensi yang diperkirakan
      – lokasi kelompok
      – paket asuransi
      – pembagian biaya
      – fasilias administratif pemegang polis
      – pengalaman dan cakupan sebelumnya, termasuk perubahan dalam manfaat-manfaat atau atarif selama periode tertentu
      – perjanjian komisi, dan
      – kemampuan untuk memnuhi kewajiban finansial

      (sumber: Thabrany, H.,2005, Dasar-Dasar Asuransi Kesehatan Bagian -A, PAMJAKI, Jakarta)

  7. salam kenal saya rena adm asuransi dan aktuaria universitas indonesia. waaah pak Hafidz Blognya membantu banget, saya juga dapet tugas dari pak kasir. kira2 ini pak kasir yang sama atau enggak ya? makasih udah bikin tentang perhitungan premi ^ ^

    • Salam kenal juga. Wah senang sekali bisa bermanfaat informasinya. Saya pikir Pak Kasir hanya satu satunya aktuaria di Indonesia.. haha.. semoga sama. Atau tugasnya juga masih sama?

  8. tugas nya sama pak, sekarang saya disuruh bikin contoh produk asuransi kesehatan. untung disini ada contoh perhitungannya. tapi saya masih bingung cari contoh polis asuransi kesehatan nih. susah banget cari nya. :(((

  9. Assalamualaikum mas Hafidz, kalau ada cara perhitungan premi untuk model asuransi indemnity mohon email saya di harismw.bapel@gmail.com, terimakasih banyak atas bantuanya.

    • Walaikumsalam wr wb. Sebenarnya sama saja mas, malah lebih enak karena kita sudah bisa menentukan sendiri dari awal plafon atas untuk pembayaran kepada peserta. Jadi tinggal itu saja yang ditentukan. Sedangkan rate kejadiannya ya harus searching lagi.. he he

  10. Assalamualaikum. maaf mas mau tanya ini nama perusahaan asuransinya apa ya mas? terima kasih

  11. wah luarbiasa yaaa pelajarannya

  12. assalamualaikum pak saya salah satu mahasiswa statistik di bandung , dan sekarang saya sedang Kuliah Praktik di salah satu mitra kesehatan di bandung . saya disuruh oleh atasan menganalisis berapa premi yang dihasilkan dari data rawat inap dan rawat jalan , tapi saya tidak tau metode apa yang harus saya gunakan karena data yang saya terima hanya berupa data hasil akhirnya saja.

    • Walaikumsalam wr wb. Terimakasih sudah mampir ke blog. Sebenarnya saya agak susah menjawab karena saya tidak tahu data hasil akhir yang dimaksud Caca apa saja. Tapi yang paling penting adalah data jumlah peserta, jumlah kunjungan sakit, dan biaya layanan kesehatan nya. Setelah itu, tinggal dihitung berapa biaya per kepala dari peserta, ditambah persentase untuk safety margin, dan profit. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s