RSS

Pemasaran Asuransi Kesehatan

15 Feb

Oleh dr Sigit R.

Download doc

Apa yang paling penting dalam pemasaran? Apa syarat orang dapat memasarkan sesuatu, bagaimana barang dan jasa tersebut dapat dibeli?

  1. Dibutuhkan
  2. Kemampuan membeli
  3. Kualitas
  4. Ketersediaan produk
  5. Brand
  6. Kemasan
  7. Harga
  8. Lokasi
  9. Pelayanan/ service

Semua hal tersebut di atas dipengaruhi oleh perilaku konsumen

Analisis Pasar dan perilaku konsumen

Philip Kotler, alih bahasa: dr. Sigit Riyarto

Konsumen itu tidak logis. Sehingga pasar harus memanfaatkan hal tersebut dalam pemasaran.

Sehingga salah jika membujuk konsumen dengan mengatakan bahwa asuransi kesehatan itu penting, dari pada membeli rokok atau hal-hal lain yang tidakpenting. Sehingga dalam pemasaran kita harus dapat membaca pemikiran konsumen.

Tujuan Instruksional

–          Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian.

Contoh: Pendidikan, budaya, social ekonomi/penghasilan, psikologi,

Namun selain melihat perilaku konsumen, kita juga harus melihat siapa konsumen yang dihadapi.  Jadi ada dua pilihan, mengganti segmen konsumen, atau mengganti produk.

–          Memahami keputusan membeli (Buyer Decision making)

Model of Buying Behavior

–          Marketing stimuli; product, price, place promotion

–          Other stimuli; economic, technological, political, cultural

–>

–          Buyer’s characteristics; cultural, social, personal, psychological

–          Buyer’s decision process; problem recognition, information search, evaluation, decision, post purchase behavior

–>

–          Buyer’s decisions; product choice, Brand choice; Dealer choice, Purchase timing, purchase amount

Cultural Factors

  1. Culture; Jawa
  2. Subculture; jogja, solo
  3. Social Class
  4. Buyer

Social Factors

–          Reference groups

Kenapa orang ketika mengiklankan barang menggunakan selebriti?  Secara social, konsumen sering membayangkan/ mengasosiasikan kalau dia adalah si selebriti secara alam bawah sadar. Contoh pakai jilbab seperti ineke, manohara. Contoh di bidang kesehatan adalah Lula kamal.

–          Family

–          Roles and statuses

Hal-hal yang mempengaruhi perilaku konsumen

Personal Influences:

–          Age and family life cycle stage

–          Occupation and economic circumstances

–          Lifestyle

–          Personality and self-concept

Psychological factor

–          Motivation

–          Beliefs and attitudes

–          Perception

–          Learning

The buying decision process

Buying Roles:

–          Initiator

–          Influencer

–          Decider

–          Buyer

–          User

Orang yang memiliki keterlibatan tinggi dan perbedaan signifikan antar merk. Memiliki buying behavior yang kompleks. Contoh: membeli tas yang mahal, dan melihat ada jahitan yang miring sedikit,maka dia akan benci sekali

Orang yang memiliki keterlibatan rendah dan perbedaan siginfikan antar merk yang rendah. Berarti konsumennya habitual. Tapi produsen akan semakin banyak pesaing.

Consumer buying process

Total set à Awareness set à Consideration set à Choice set à Decision

Problem recognition àInformation search à Evaluation of alternatives à Purchase decision à Postpurchase behavior

Bagaimana hubungannya dengan asuransi kesehatan? Apakah masayrakat Indonesia mau membeli asuransi kesehatan? Jika memang tidak mau beli, maka produknya harus diganti, atau segmen masayrakat nya yang diganti. Jika memang harus menggunakan jaminan, dengan gratis, harus konsisten. Inilah yang terkadang masih menjadi masalah.

Sejarah membuktikan, kalau biasanya sudah gratis, akan sangat sulit untuk merubahnaya menjadi asuransi.

Road Map jaminan kesehatan seluruh penduduk indoneisa (semesta)

Dapat dilihat bahwa prioritas nasional di bidang kesehan salah satunya adalah Askesnas untuk seluruh keluarga miskin di tahun 2011.

Opini: usaha untuk membedakan atau dikotomi miskin dan tidak miskin sebenarnya usaha sia-sia.

PBI = Penerima bantuan iuran

Distribusi Sasaran by program pada 2010

–          Jamkesmas miskin (PBI)117 juta; Jamkesmas 76,4 juta, jamkesda 23, juta, penambahan PBI 17 juta

–          Jamkesman (Jaminan kesehatan mandiri) 123,7 juta; Pekerja formal 81,89 jt, pekerja informal mampu 25,89 jt?, individu kaya 6 jt.

Asumsi jumlah penduduk 2010: 230 juta; tingkat kemiskinan 25%.

TUGAS DISKUSI UNTUK HARI KAMIS

Bagaimanakah perilaku konsumen dalam membeli produk asuransi kesehatan? Cari di internet.

UJIAN TERTULIS CLOSE BOOK,

Mengenai istilah-istilah pemasaran 100%.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 15/02/2010 in Kuliah

 

Tag:

3 responses to “Pemasaran Asuransi Kesehatan

  1. Inspirasi Solusi Bisnis

    16/02/2010 at 10:46 am

    pemasar asuransi udah dikenal sebagai profesi pemasar yang amat tangguh dan ulet. Begitu kita menerima telpon dan manakala kita tahu bahwa yang telpon orang asuransi maka dengan cepat banyak diantara kita langsung tutup telp…

    artikel anda membantu para pemasar asuransi untuk meningkatkan daya analisis untuk lebih produktif.

    Salam Sukses

     
    • Hafidz

      16/02/2010 at 10:15 pm

      Terimakasih atas komentarnya. Dibutuhkan inovasi-inovasi dari pemasar asuransi kesehatan. Karena ini merupakan jasa yang cukup penting, namun masih sangat sulit dipasarkan.

      Salam sukses

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: