RSS

Informasi Kesehatan: Malaria

11 Feb

Dunia Sehatku – PT Freeport

Malaria adalah suatu penyakit berbahaya yang ditularkan oleh nyamuk Anopheles betina yang mengigit pada malam hari (mulai senja sampai fajar). Gejala penyakit malaria antara lain yaitu : demam, menggigil, sakit kepala, nyeri otot, rasa lelah, kurang darah, dan warna kuning di kulit / selaput lendir mata.
Nyamuk Anopheles tidak bisa menularkan malaria pada ketinggian lebih dari 5.000 kaki (1.600 meter) di atas permukaan laut. Tidak ada resiko penularan Malaria di daerah Tembagapura. Terdapat program pengendalian nyamuk yang intensif di sebagian besar area dataran rendah PT Freeport Indonesia (PTFI). Dalam beberapa tahun terakhir, tidak terlihat adanya penularan aktif malaria di Kuala Kencana dan MP38. Akan tetapi risiko penularan Malaria masih relatif tinggi di sebagian besar dataran rendah Mimika, termasuk di Timika dan daerah di sekitarnya.
Dua jenis Malaria yang sangat dominan di daerah dataran rendah Kabupaten Mimika adalah : Plasmodium vivax (Malaria Tertiana) dan P. falciparum (Malaria Tropika). Plasmodium falciparum bersifat lebih berbahaya dan bisa menyebabkan infeksi yang parah dan komplikasi, bahkan bisa menyebabkan kematian

clip_image001[4]

Segera periksakan diri ke klinik terdekat apabila menemukan ada dugaan gejala-gejala Malaria.

Penyakit Malaria diakibatkan oleh gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Perlu waktu 1-2 minggu bagi parasit untuk berkembang dalam seekor nyamuk untuk bisa ditularkan ke orang lain. Parasit Malaria mulai berkembang di hati, sampai tahapan ini penderita tidak akan menunjukkan gejala apa-apa pada minimum satu minggu. Parasit akan bertahan di hati selama berbulan-bulan sebelum masuk ke sirkulasi darah. Selanjutnya, parasit menginfeksi sel darah merah dan berkembang dengan cepat. Parasit akan menghancurkan sel darah merah yang terinfeksi dan akan menginfeksi sel darah merah yang baru. Toksin yang terlepas oleh parasit saat sel darah merah pecah akan menimbulkan demam tinggi dan gejala-gejala malaria.
Gejala malaria meliputi demam, menggigil, gejala seperti flu, sakit kepala berat, pegal-pegal, mual, dan terkadang disertai muntah dan diare. Sangat penting anda segera periksakan diri ke klinik terdekat apabila menemukan ada dugaan gejala-gejala Malaria dan jangan mencoba mengobati dugaan Malaria tanpa konsultasi dengan petugas kesehatan yang berwenang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Malaria dan pengendalian Malaria, mohon kontak Departemen Public Health & Malaria Control (PHMC) PTFI di telepon +62 901 43-4133 atau melalui e-mail

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 11/02/2010 in Dunia Kesehatan

 

Tag:

One response to “Informasi Kesehatan: Malaria

  1. uray

    25/08/2015 at 4:17 pm

    memang malaria adalah penyakit yang sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: