RSS

Ramuan Sakit Magh

27 Des

Sakit magh merupakan salah satu keluhan pasien yang sering saya jumpai, berbagai kombinasi obat-obatan sering saya berikan ke pasien. Namun terkadang hanya berhasil sesaat. Namun ketika search internet ada ramuan untuk penyakit tersebut

Ramuan yang Bisa Digunakan
Menurut Hembing Wijayakusuma, tumbuhan obat di bawah ini dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung. Antara lain ditujukan untuk mengurangi peradangan dan infeksi, memperkuat dinding mukosa lambung, dan mengurangi kepekaan dinding lambung, memperbaiki fungsi kelenjar-kelenjar lambung dan pencernaan secara umum.
-  30 gram temu lawak segar + 10 gram kulit jeruk mandarin kering + 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat.
– 75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya + 10 gram adas + 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air tersisa 200 cc, airnya disaring + 1 sdm madu, diminum hangat-hangat.
– 25 gram kunyit segar + 20 gram kencur + 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat
– 3 batang sereh + 15 butir ketumbar + lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, minum hangat-hangat.
Catatan:
Anda dapat menggunakan salah satu cara tradisional di atas. Lakukan secara teratur sehari 2 kali. Dalam melakukan perebusan gunakan panci enamel atau periuk tanah.

Bahannya dan caranya terlihat sangat bervariasi dan mungkin terdengar asing bagi orang awam termasuk saya karena tidak pernah masuk dapur.

Nah bagi pembaca yang sudah mencobanya dan merasakan khasiatnya, baik itu manjur atau malah tambah sakit apakah bisa memberi tahu kepada saya? karena saya sebagai dokter ingin sekali untuk mengetahui, apakah harus menganjurkannya kepada pasien atau malah melarangnya?

Selamat mencoba

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 27/12/2009 in Dunia Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: