RSS

Hak Angket

10 Des

Ada-ada aja metro tv ini…

Di akhir sebuah program acaranya mereka secara iseng dan acak nanyain anggota DPR, terutama para artis yang bisa jebol ke sana. Pertanyaan nya cukup singkat dan sebenarnya lagi trend, “apa sih yang dimaksud dengan hak angket?” ternyata Primus, Eko, dan beberapa teman yang lain belum tau apa itu. Atau dengan lugu salah satu dari mereka menjawab harus belajar lebih banyak lagi sebagai orang baru. Waduh, saya juga jadi nggak bisa bayangin bagaimana mereka bisa menyampaikan dan mengaspirasikan rakyatnya kalau mereka sendiri nggak ngerti apa yang sebenarnya sedang dibahas. Sebenarnya sumbernya cukup banyak di internet, berikut beberapa kutipan penjelasan secara hukum mengenai apa itu hak interplasi dan hak angket:

Pertama, penjelasan Pasal 27 UU No.22 Tahun 2003 menyatakan, hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Menurut Pasal 174 ayat (4) Tata Tertib DPR keterangan dan jawaban Presiden dapat diwakilkan kepada menteri. Bila tidak puas dengan keterangan Presiden atau menteri yang bersangkutan anggota DPR dapat mengajukan usul pernyataan pendapat (Pasal 175 ayat (1) Tata Tertib DPR). Bila sampai masa waktu penutupan masa sidang yang bersangkutan ternyata tidak ada usul pernyataan pendapat yang diajukan, pembicaraan mengenai keterangan Presiden dinyatakan selesai. Namun bila ada pernyataan pendapat, maka DPR menyampaikannya kepada Presiden. Dengan demikian pelaksanaan hak interpelasi DPR selesai.

Kedua, mengenai hak angket, penjelasan Pasal 27 UU No. 22 Tahun 2003 menyatakan, bahwa hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan

Namun kita juga tidak bisa menyalahkan sepenuhnya kepada mereka, karena seharusnya pihak media massa juga harus menjelaskan hal-hal tersebut kepada masyarakat.

Jadi sekarang sudah mulai ngertikan, apa itu hak angket Century?

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10/12/2009 in Politik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: