RSS

Informasi Kesehatan: Diare

12 Nov

Diare adalah kondisi dimana buang air besar yang dikeluarkan encer atau frekuensi buang air besar yang lebih sering atau Buang air besar encer dan lebih sering dari biasanya. Diare bukan penyakit, melainkan gejala saja. Biasanya dihubungkan dengan rasa sakit pada perut dan muntah-muntah.
Diare umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sebagian besar berlangsung tidak lama. Namun walau bagaimanapun bila berlangsung selama 12 jam atau lebih, diare disertai darah dan lendir diperlukan penanganan medis. Dehidrasi adalah komplikasi serius dari diare, tanda-tandanya; rasa haus, kulit kering, buang air kecil berkurang dan rasa lelah.

image003

Pertolongan pertama untuk diare termasuk:
Istirahat
Usus besar anda perlu istirahat demikian pula dengan anda. Yang terbaik adalah mengurangi kegiatan normal anda sampai diare berhenti.
Diet
Jelas anda merasa lapar tetapi disarankan untuk minum air putih, teh sampai diare berhenti. Minum air yang banyak akan membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Makan makanan dengan kadar lemak rendah seperti apel yang di rebus, nasi tim atau bubur, sup, ayam, kentang rebus, sayur pure, roti panggang, biskuit, buah-buahan kaleng, selai, madu, jelly, susu berkadar lemak rendah atau susu kental yang dicampur dengan air. Hindari alkohol, kopi, teh yang pekat, makanan berlemak, makanan yang digoreng, makanan pedas, sayur mentah, buah mentah (terutama yang kulitnya keras), masakan Cina, sereal dari bahan gandum dan rokok.

Diare biasanya berhenti tanpa perlu obat-obatan. Bila gejala diare memburuk segeralah berkonsultasi dengan dokter.
Informasi kesehatan ini didapat dari International SOS

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12/11/2009 in Dunia Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: