RSS

Demam Berdarah

12 Nov

Demam Berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan pada umumnya oleh nyamuk Aedes aegypti yang menggigit pada siang hari. Penyakit ini umumnya terdapat di daerah perkotaan.

Demam Berdarah mengakibatkan demam tinggi, sakit kepala berat, nyeri otot dan sendi, serta mual dan muntah. Sering pula diikuti oleh ruam kulit (bercak-bercak). Gejala Demam Berdarah dapat berlangsung hingga 10 hari dan kesembuhan total didapatkan antara 2-4 minggu atau lebih. Kadang-kadang terjadi bentuk Dengue yang fatal yang sering disebut dengan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demam Berdarah ditemukan di seluruh Indonesia. Kasus Demam Berdarah pernah ditemukan di Timika. Meskipun infeksi dipercaya berasal dari luar Papua, kemungkinan penularan setempat bisa saja terjadi karena nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor Dengue bisa ditemukan di Timika.

image001

Penderita Demam Berdarah dianjurkan untuk segera periksakan diri ke klinik, rumah sakit atau Puskesmas terdekat.

Bagi penderita dianjurkan untuk minum sebanyak-banyaknya (air masak, susu, teh, air kelapa), minum obat penurun panas dan segera periksakan diri ke klinik, rumah sakit atau Puskesmas terdekat.

Langkah yang sangat penting untuk mengurangi resiko penularan Demam Berdarah adalah dengan cara mencegah atau mengurangi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti di dalam rumah dan sekitarnya.

Cara-cara pemberantasan sarang nyamuk adalah dengan 3 M, yaitu: Menguras bak mandi dengan menyikatnya sekali seminggu, agar telur dan jentiknya juga terbunuh; Menutup drum atau tempat penampungan air lainnya agar nyamuk tidak berkembang biak di tempat-tempat tersebut; dan Membuang atau mengubur kaleng-kaleng bekas, ban-ban bekas, botol-botol pecah dan barang bekas lainnya yang sama yang dapat menampung air hujan.

Untuk informasi selanjutnya mengenai Demam Berdarah dan pencegahannya, mohon kontak Departemen Public Health & Malaria Control (PHMC) PTFI di telepon +62 901 43-4133 atau melalui e-mail.

 

Bagi penderita Demam Berdarah dianjurkan untuk minum sebanyak-banyaknya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12/11/2009 in Dunia Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: