RSS

Tembi Rumah Budaya

08 Nov

 

clip_image002Akhirnya setelah lelah dari kedua tempat sebelumnya, akhirnya siang ini kita bisa sedikit santai melihat dan menikmati pemandangan budaya dari masa lampau. Banyak koleksi yang sangat menarik, seperti iklan dari tahun 1930-an, buku-buku dengan aksara jawa kuno, berbagai lukisan dan patung unik yang saya sendiri tidak dapat menerjemahkan apa maksudnya, sampai tempat tidur untuk pengantin.

Ternyata iklan obat woods sudah sejak lama masuk ke Indonesia. Saya sendiri belum bisa membayangkan apakah pada jaman dulu sudah terjadi iklan-iklan obat yang menyesatkan. Di sisi lain banyak pengunjung yang sangat tertarik dengan piano tua yang berada di pojok bersama motor tua. Tidak segan-segan pengunjung selalu ingin mencobanya.

Rumah tembi menyungsung tema “Masa Lalu Selalu Aktual” dimana visinya ialah melestarikan budaya. Tembi memiliki gedung-gedung yang yang dinamai sesuai dengan sejarah pemiliknya sebut saja gedung Mertayudan yang dihilhami dari dari desa yang pernah ditempati Suantora pemilik dari rumah budaya ini. Disamping menyajikan berbagai seni budaya dan cinderamata, rumah budaya ini juga menyediakan aula sebagai tempat pertemuan dan resort (penginapan) yang yang eksotik dimana setiap kamar didesain khas jogja yang bangunannya terbuat dari kayu serta dkelilingi oleh taman-taman kecil dan kolam ikan yang menambah kesejukkan disekitar areal kamar. Di areal belakang rumah budaya ini terdapat “belik” mata air yang diarikan sebagai sumber kehidupan.Tempat budaya ini sering digunakan untuk berbagai pagelaran kesenian. Tidak hanya yang berasal dari Jogjakarta atau Indonesia, tapi juga dari Luar negeri. Sehingga tidak hanya musik gamelan atau keroncong saja yang disajikan, tapi musik klasik, jazz atau bahkan jenis musik modern lainnya

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 08/11/2009 in Journal, Kuliah

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: