RSS

Pusat Rehabilitasi Terpadu Penyandang Cacat, Bantul

08 Nov

 

clip_image002Tidak disangka dipinggir kota Jogjakarta terdapat bangunan megah Pusat Rehabilitasi Terpadu Penyandang Cacat. Bisa dibilang lebih baik dari pada rumah sakit daerah nya sendiri. Kenapa di Jogjakarta dapat dibangun pusat rehabilitasi dengan nillai 58,6 milyar ini? Jawabannya adalah Komitmen pemimpin yakni Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang sangat kuat. Beliau mengalokasikan anggaran dalam APBD Pemprov DIY, dan didukung pula oleh bantuan dari lembaga donor internasional.

Memang dengan melihat kondisi Bangsa ini yang kerap dilanda gempa akibat posisi geografisnya. Rasanya diperlukan pusat-pusat rehabilitasi terpadu penyandang cacat seperti ini. Apalagi, dengan daya tampung yang cukup besar yakni mencapai 1297 orang, saya rasa dapat digunakan tidak hanya untuk penyandang cacat akibat korban gempa, tapi juga dapat digunakan untuk pengembangan keterampilan bagi pengemis dan anjal yang cacat.

Alat, ruangan dan jenis keterampilan yang diberikan untuk pengembangan keterampilan di tempat ini sangat baik. Tidak tanggung-tanggung seluruh komputer yang digunakan untuk pelatihan menggunakan lcd dan pinter laser berwarna. Terdapat keterampilan lainnya seperti menjahit, kerajinan kulit, elektronik, kerajinan perak dan beberapa kegiatan lainnya. Di tempat ini juga disediakan beberapa program untuk terapi baik fisik maupun psikis. Terdapat pula panti wreda, ruang relaksasi, psikologi anak, dan kolam terapi. Untuk mengakomodir korban yang masih tinggal dirumah, pusat rehabilitasi akan melakukan kunjungan dengan program home care.

Semoga dengan dibukanya pusat rehabilitasi penyandang cacat ini, diharapkan kesulitan yang dialami oleh para penyandang cacat seperti untuk perawatan medis, pendampingan sosial dan pendidikan dapat segera diatasi. Dan tidak hanya untuk warga Jogja, tapi juga dapat bermanfaat untuk seluruh penyandang cacat di seluruh Indonesia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 08/11/2009 in Kuliah

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: