RSS

MANFAAT ASURANSI SOSIAL

26 Okt

Riset di Indonesia dan Amerika Serikat

File original (PDF)

Oleh: Raj Chetty, adam Looney (Biro Riset Ekonomi Massachuset, Oktober 2005)

Kajian ini merupakan mengenai dampak Asuransi Sosial terhadap kesejahteraan masyarakat di negara ekonomi berkembang dibandingkan dengan negara ekonomi maju. Dilakukan survei panel di Indonesia dan Amerika serikat (AS).

Ditemukan bahwa tingkat konsumsi makanan di kedua negara turun sekitar sepuluh persen ketika satu individu kehilangan pekerjaan. Shock memberi pengaruh yang besar terhadap tingkat konsumsi di Indonesia dan Amerika Serikat. Berbeda dengan warga AS yang cenderung untuk mengurangi kebutuhan pokok, di Indonesia cenderung mengatasi masalah ini dengan menggunakan metode yang terlalu berisiko untuk mengendalikan masalah konsumsi, yakni seperti mengeluarkan anak mereka dari sekolah atau mengirim anggota keluarganya untuk bekerja (menambah penghasilan keluarga yang semakin menipis) . Hal ini tentu saja tidak akan mereka rasakan dampaknya untuk sesaat, namun anda bisa bayangkan hal tersebut membuat semakin turunnya kualitas sumber daya manusia, dan akan berdampak besar yang buruk dan berkepanjangan bagi negara Indonesia. Asuransi sosial mampu memberikan manfaat untuk kesejahteraan dengan mengurangi perilaku yang cenderung berisiko tersebut, namun bukan untuk mengendalikan konsumsi.

Hasil kajian ini menunjukkan bahwa asuransi pengangguran dapat membawa dampak positif dalam beberapa hal. Kajian empiris tambahan perlu dilakukan untuk menentukan bahwa keuntungan asuransi sosial dapat menurunkan perilaku yang tidak efisien di Negara ekonomi berkembang. Satu hal yang perlu diingat bahwa kajian ini belum mengembangkan jenis program asuransi sosial yang feasible untuk diterapkan di Negara ekonomi berkembang. Apabila program ini hanya terbatas pada cakupan (coverege) yang tidak menyeluruh (contoh: hanya untuk PNS) maka hal ini dapat menyebabkan distorsi individual (seperti lebih memilih untuk bekerja sebagai pegawai negeri ) yang hanya akan menambah ketidak efektifan ekonomi Negara. Riset lebih lanjut mengenai batasan yang dibebankan oleh politik ekonomi di Negara berkembang dalam menghasilkan program asuransi sosial untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Agenda riset ini sesuai untuk ekonomi Asia tenggara di mana saat ini sedang dalam fase pembangunan, sehingga penerapan jaring pengaman nasional dapat dilaksanakan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26/10/2009 in Kuliah

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: