RSS

Dr dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH. Menteri Kesehatan 2009-2014

25 Okt

Siapakah yang mengenal Menteri Kesehatan 2009-1014 yang satu ini?

Nah, cari mencari riwayat hidup beliau, berikut cv beliau

Setelah mengikuti kuliah mengenai kebijakan, saya mulai sedikit mengerti kenapa dr. Endang yang dipilih sebagai menteri kesehatan yang baru. Tanpa melihat kontroversi yang terjadi mengenai citra beliau yang dianggap sebagai pro Amerika, rasanya bangsa Indonesia memang membutuhkan menteri kesehatan yang feminim. Seorang yang sangat pro terhadap kesehatan ibu dan anak –masalah kesehatan utama Indonesia-. Memang sense seorang feminim lah yang diperlukan. Berikut kutipan pernyataan beliau:

"Reformasi sektor kesehatan dengan berbagai upaya harus dilanjutkan. Yang pertama, upaya preventif pencegahan itu dari hulu sampai hilir harus imbang," kata Endang saat ditanya mengenai program yang akan dijalankannya. Endang melanjutkan, upaya tersebut tidak hanya terapi, tetapi juga promosi kesehatan dan pencegahan penyakit sehingga bila perlu berupaya mencari sasaran Millenium Development Goals (MDGs) atau melampauinya.
Endang juga menyatakan akan berupaya untuk menekan masalah gizi buruk anak balita serta angka kematian ibu dan bayi. Selain itu, upaya tanggap darurat akan menjadi perhatiannya. "Kita kan negara yang sering kena bencana. Itu utama sekali. Negara harus selalu siap dan mobile," katanya.

 

Selain itu, saya pribadi cukup setuju dr. Endang sebagai menteri kesehatan karena beliau memiliki background Public Health dimana mudah-mudahan beliau dapat memandang permasalahan kesehatan Indonesia sebagai populasi, bukan individu. Meskipun kita mengerti betul bahwa secara idealis, preventif lah yang penting, tapi masalahnya bangsa Indonesia masih sangat membutuhkan kuratif. Jadi keduanya harus berjalan beriringan.

Tapi karena lulusan MPH Harvard, saya berharap beliau tidak menggiring kebijakan kesehatan layaknya Amerika terutama pada sisi kebijakan pembiayaan kesehatan. Karena bisa kita lihat sendiri betapa carut marutnya di sana. Hampir semua pembiayaan kesehatan dikuasai oleh asuransi swasta, sehingga Presiden Obama pun akhirnya mulai melunak dalam mengatasi reform yang dicanangkan beliau sendiri.

Kembali kepada Menteri Kesehatan, sepak terjang beliau yang jarang dilihat adalah sempat bekerja di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, pada 1979-1980. Kemudian, pada 1980-1983, Endang berangkat ke Nusa Tenggara Timur. Di lokasi ini, Endang menjabat Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Waipare, NTT. Lalu, dia berlanjut tugas kembali ke Jakarta. Endang dipercaya bertugas di Dinas Kesehatan Propinsi DKI pada 1983-1997. Tidak hanya di level lokal dan Tanah Air, karir Endang juga terbilang gemilang di kancah dunia.

Dilihat pernah menjadi kepala Puskesmas selama 3 tahun, hal ini saya rasa yang menjadi nilai plus bahwa dirasa mempunyai nilai komitmen dan loyalitas kepada negara, dan mengerti bagaimana kondisi di daerah pelosok Indonesia.

Terakhir, semoga kesehatan Bangsa ini menjadi lebih baik dengan kebijakan-kebijakan mutakhir beliau.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 25/10/2009 in Politik

 

2 responses to “Dr dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH. Menteri Kesehatan 2009-2014

  1. almahira

    27/10/2009 at 8:54 am

    sebelum nama menteri diumumkan, saya sempat berpikir, kalau menteri dari orang public health mungkin bagus ya. apalagi banyak orang pendapat seperti itu.

    semoga harapan kesehatan yang lebih baik bisa terwujud.

     
    • Hafidz

      27/10/2009 at 8:08 pm

      Yups… same idea. Tapi mudah-mudahan pemikirannya tidak se-liberal Amerika saja..hehehe

      Salam kenal..

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: