RSS

Manajer Sukses

22 Okt

Manajer yang sukses adalah manajer yang dapat melaksanakan tugas utamanya yakni Sustanaiblity, Effective and Effecient (SEE). Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan 4 proses manajerial berikut:

1. Planning

Mempunyai perencanaan yang matang dan merencanakan program yang luar biasa. Ini merupakan landasan tempat berpijak dari segala sesuatu yang akan diatur. Selain hal tersebut, dapat menata tantangan atau konflik menjadi peluang.

2. Organizing

Manajer harus mampu mengorganisasi, ia menganalisis kegiatan, keputusan dan hubungan yang diperlukan. la membagi-bagi pekerjaan yang dapat dimanajemeni. Mengelompokkan unit-unit dan tugasnya dalam struktur organisasi. la memiliki orang untuk memanajemeni unit-unit dan orang-orang operasional yang diandalkan.

3. Leading

Manager harus memberi motivasi dan mampu berkomunikasi. Manajer juga mengembangkan/ membimbing orang termasuk dirinya. la mengembangkan orang-orangnya dan membuat mereka memiliki kegairahan bekerja dan merasa puas akan hasilnya. Orang-orang didorong untuk menjadi berdayaguna dan berhasil guna, dan dapat melatih orang.

4. Controlling

Evaluasi merupakan langkah yang harus ditempuh oleh seorang manajer dalam rangka menata kinerja sumber daya manusia. Dari evaluasi ini akan tergambar kekuatan dan kelemahan sebuah organisasi. Dalam hal ini manajer harus dapat mengevaluasi dengan transparan

Sumber:

Fathi, Muhammad. 2008. 6 kiat menjadi manajer sukses. Khalifa (Group Pustaka Al-Kautsar)

Malone, Patrick. Seven Secrets of Successful Managers. The PAR Group

Meliala, A. 2009. Kuliah Tugas Manajer.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22/10/2009 in Kuliah

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: