RSS

ADVOKASI GUNUNG KIDUL

26 Agu

Pagi-pagi rencananya berangkat pukul 6.15. Tapi baru sadar kalau adek juga sekolah. Wah, seperti biasa dia kalau sudah di kamar mandi rada lama.. entah menikmati sunyinya kamar mandi, atau memang tertidur. Akhirnya dengan gerakan terburu-buru sampai juga di Rumah Mas Aris yang sempat kelewatan pukul 7.30. Kita coba lewat jalan utara ke arah timur sejauh mungkin. Lumayan juga  dekat dengan pertigaan menuju Wonosari. Dengan gaya menyetir yang rada urakan, printer terpontang panting ke kanan dan kiri. Akhirnya kami sempat menyabuk printer di kursi tengah. Seperti manusia aja rasanya.

Akhirnya setelah menanyakan polisi di pertigaan, kami sampai juga di Dinas Kesehatan Gunung Kidul pukul 8.30. Bertemu dengan Ibu Kirana, “Kok mruput sekali?”,  padahal dalam hati saya udah takut sekali kalau terlambat, nanti image UGM dan Depkes jadi jelek. Setelah setengah jam an menunggu di depan bersama orang-orang yang mau mengurus surat tidak mampu (“mungkin”) akhirnya kami dipanggil juga ke ruang rapat. Ternyata mereka belum tahu kalau kita sudah mengundang pihak rumah sakit untuk hadir. Setelah memulai sekitar 20 menitan, akhirnya pihak rumah sakit datang juga.

Puskesmas yang dipilih adalah Puskesmas Semanu I (Puskesmas rawat inap) dan Puskeamas Wonosari I (Puskesmas rawat jalan). Kita langsung lebih banyak membahas mengenai instrumen dan berdiskusi. Banyak sekali pertanyaan dan masukan yang diberikan oleh teman-teman dari Dinas, puskesmas maupun Rumah Sakit. Masukan-masukan tersebut antara lain:

  1. Kategori pengeluaran harap disamakan dengan mata anggaran sesuai permendagri no..13 tahun 2006
  2. Insentif akan sulit kami berikan karena ini merupakan rahasia dan sensitif untuk setiap orang. Jadi kami hanya bisa memberikan seusai aturan perda.
  3. Sebenarnya kami bersedia untuk memberikan data-data uang di bawah meja atau di bawah kasur, tapi mohon dilakukan perbandingan satu daerah dengan daerah lain. Dan mohon kami diberi jawaban analisis tersebut secepatnya.
  4. Tabel 3.2 dan 3.1 sebaiknya digabung.
  5. Diharapkan penelitian ini bukan untuk kepentingan pribadi atau untuk gelar doctor seseorang… “:(“
  6. Puskesmas Wonosari 1 mungkin tidak dapat mengikuti field test pada tanggal 14-15 September 2009 ini karena adanya audit yang akan dilaksanakan. –> kalau begitu pilihan satu-satunya adalah replace… (tapi masih dibicarakan lagi)
  7. Diharapkan dibuat Tim fasilitas, sehingga selain ada rasa tanggung jawab dari setiap fasilitas, juga tim mendapat kredit point dan dana tentunya.
  8. Diharapkan daerah gunung kidul mendapatkan soft copy dari program tersebut jika sudah selesai study. Bukan hanya sebagai pemberi data.
  9. Diharap pada waktu field test dan study yang sebenarnya diberikan surat resmi ke Puskesmas dan Rumah sakit terkait.
  10. Ketika field test, untuk rumah sakit harap datang pukul 9.00. jangan terlalu pagi dan jangan terlalu siang.

Terimakasih untuk Ibu Kartini dan rekan-rekan atas penerimaan dan diskusinya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 26/08/2009 in Costing Study

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: