RSS

GAYA HIDUP MBAH SURIP

06 Agu

Lirik lagu Mbah Surip memberi makna yang mendalam, perjalanan hidup beliau yang berliku dan penuh semangat bisa menjadi inspirasi, kesederhanaan hidup meski di selimuti harta yang melimpah bisa jadi teladan, namun gaya hidup Mbah Surip yang selalu mengkonsumsi kopi kental tanpa jeda, merokok, kurang istirahat dan kurang olahraga saya rasa jangan diikuti, namun dapat dijadikan sebagai pelajaran. Nah, makanya sekarang saya tidak akan membahas mengenai mbah Surip, tapi saya coba mengorek bagaimana sebenarnya efek jika berlebihan menngonsumsi kopi dan bahaya rokok


Keburukan Minum kopi berlebihan

Pertama, dapat mengidap kemandulan.

Statistik periset menemukan wanita yang setiap hari mengkonsumsi secangkir kopi mudah mengidap kemandulan daripada mereka yang sama sekali tidak mengkonsumsinya. Suatu riset terhadap 104 wanita yang sering mengkonsumsi kopi, di antaranya sekitar 50 wanita tidak mudah hamil. Pakar menunjukkan, ini hanya penelitian dalam lingkup kecil, dan tidak dapat pada akhirnya mengkonfirmasi peranan khusus kopi terhadap melahirkan anak. Tapi periset menekankan bahwa kalau tidak dapat menjelaskan sebab kemandulan dari segi kedokteran, maka perlu mempertimbangkan kaitannya kemandulan dengan kafein.

Kedua, memperbesar resiko kena infark otot jantung.

Dokter Amerika Serikat pernah mengadakan penelitian selama 4 tahun terhadap 858 wanita usia sekitar 45 hingga 69 tahun yang pertama kali mengidap infark otot jantung dan 858 wanita yang tidak pernah mengidap infark otot jantung. Hasil penelitian menunjukkan setiap hari minum lima gelas kopi atau lebih banyak dapat memungkinkan wanita kena resiko mengidap infark otot jantung bertambah 70 persen, dan bahayanya bertambah seiring dengan bertambahnya volume konsumsinya.

Ketiga, mudah mengidap penyakit osteoporosis atau perapuhan tulang.

Periset AS pernah mengadakan penelitian terhadap 980 wanita lanjut usia yang usianya sekitar 50 hingga 98 tahun. Hasil riset tersebut menemukan, kelompok wanita lanjut usia yang setiap hari minum dua cangkir kopi dan tidak minum susu dalam jangka panjang, tidak peduli usia dan bagaimana taraf kegemukannya, kepadatan tulang BMD di bagian pinggul dan pungung (tulang belakang) akan menurun, taraf penurunan BMD berkaitan dengan panjang pendeknya kebiasaan minum kopi dan banyak sedikitnya volume minum kopi. Karena kafein dapat bersenyawa dengan kalsium bebas dalam tubuh dan dibuang melalui air kemih. Berkurangnya zat kalsium bebas pasti menimbulkan penguraian kalsium terikat dan mengakibatkan osteoporosis.

Ke-empat, wanita hamil minum kopi tidak menguntungkan janinnya.

Jauh pada awal tahun 1980-an, periset Biro Administrasi Makanan Dan Obat-obatan Amerika Serikat dalam eksperimennya menemukan, setiap hari mengumpani kopi yang volumenya mencapai 12 hingga 24 cangkir untuk orang dewasa kepada tikus putih eksperimen, mereka dapat melahirkan anak tikus yang cacat. Maka, biro terkait AS itu memperingatkan para wanita hamil agar mereka segera menghentikan minum kopi.

Kelima, sindrom hipertensi hamil.

Sindrom tersebut merupakan semacam penyakit khusus wanita hamil, para penderita dapat muncul gejala bengkak, tekanan darah tingi dan proteinuria, kalau tidak mendapat pengobatan tepat waktu pasti akan membahayakan janinnya. Berdasarkan hasil riset Australia, hanya minum berapa cangkir kopi setiap hari saja dapat menaikkan tekanan darah seseorang. Maka, wanita hamil dianjurkan jangan minum kopi.

Ke-enam, minum kopi juga dapat memicu penyakit kencing manis.

Periset Finlandia dan AS dalam penelitian bersama menemukan negaranya masing-masing merupakan negara konsumsi kopi terbanyak di dunia dan akibatnya jumlah penderita kencing manis di dalam negeri mereka juga paling banyak. Di antaranya, konsumsi kopi orang Finlandia menempati urutan pertama di dunia, jumlah penderita kencing manis juga paling banyak, keadaan itu juga terdapat di negara Eropa Utara lainnya. Sebaliknya, konsumsi kopi orang Jepang adalah paling sedikit di dunia, dengan demikian jumlah penderita kencing manis juga paling sedikit. Periset dalam analisanya berpendapat, kadar kafein dalam minuman kopi dapat merembes ke dalam organ pankreas dan mengendap dalam organ janin, terutama di organ hati dan otak besar janin, sehingga bayinya mengidap penyakit kencing manis setelah dilahirkan. Selain itu, tidak peduli kaum lelaki atau wanita, minum kopi rata-rata dapat memicu bahaya mengidap penyakit jantung dan tekanan darah tinggi, bahkan muncul gejala ketagihan kopi. Dengan demikian, untuk memungkinkan kesehatan bayinya bermutu tinggi, pencegahan penyakit dan perawatan baik kesehatan bayinya, kaum wanita jangan minum kopi dalam jangka panjang dan berlebihan.

Minum kopi berlebihan mungkin juga menimbulkan gejala resah, gemetar dan insomnia, kafein juga dapat mengakibatkan hilangnya zat kalsium. Bagi orang lanjut usia, anak kecil dan penderita osteoporosis sedapat mungkin jangan minum kopi.

Ke tujuh, minum kopi dapat memicu inkontinensia

Dari suatu penelitian yang dilakukan kepada 259 perempuan, hampir separuh responden setiap harinya mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi. Jumlah ini ternyata merujuk pada inkontinensia.

Inkontinensia adalah gangguan kandung kemih akibat otot-otot dasar kandung kemih dan dinding saluran kencing tidak bisa mengatur pengeluaran kemih. Artinya, mereka yang mengalami kondisi ini akan mengompol setiap saat.

Lily A.Arya, MD, ketua penelitian dari University of Pennsylvania menjelaskan asupan kafein yang berlebihan merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen. Tidak hanya itu, kafein yang berlebihan juga mempertinggi risiko terjadinya Alzheimer.

Tetapi bukankah kopi juga memiliki antioksidan? Oleh karena itu, butuh hitung-hitungan setiap kali menyeruput kopi dari bibir cangkir. Idealnya kafein yang aman masuk ke dalam tubuh adalah 200-300 mg per hari. Jumlah ini sama dengan 2-3 cangkir. Mulai sekarang, takarlah kopi Anda dengan benar. (Kompas)

Keburukan rokok

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
* Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
* Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
* Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek Racun

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):
* 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
* 4x menderita kanker esophagus
* 2x kanker kandung kemih
* 2x serangan jantung
Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Batas Aman

Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.
TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK
sumber : klik aja
ga cuma perokok doank yang bakalan jadi korban, tapi yang disekitar kita juga bakalan jadi korban.
perokok pasif itu lebih bayaha ketimbang perokok benerannya

BAHAYA PEROKOK PASIF

Merokok, selain merusak diri sendiri juga mebahayakan orang lain yang ikut menghirup asap rokok. Orang yang tidak merokok (membakar dan mengisap batang rokok) dapat dikatakan juga merokok karena asap rokok yang terhirup membawa dampak buruk.
Orang-orang ini disebut perokok pasif. Disamping mengisap asap sampingan (sidestream smoke) perokok pasif juga menghirup asap utama (mainstream smoke). Perokok pasif yang menghirup main stream dan sidestream ini justru mengisap racun yang terkandung dalam asap rokok sebanyak dua kali lipat. Dari sebatang rokok, asap yang dihirup perokok pasif hanya 15%. Kelebihannya terbuang ke lingkungan. Di dalam asap rokok terkandung zat-zat karsinogen (penimbul kanker)
Dengan demikian perokok pasif memiliki resiko lebih tinggo untuk menderita kanker paru-paru, jantung koroner dan gangguan pernapasan lainnya. Bagi janin, bayi dan anak-anak paparan asap rokok menyebabkan bayi lahir dengan Berat Badadn rendah, bronchitis dan pneumonia serta infeksi rongga telinga dan asthma. Bahkan risiko kematian mendadak akibat asap rokok, juga ditemukan pada anak-anak di bawah umur.
(sumber : WHO)
ibaratnya kaca yang kotor (perokok), kalau kena kotoran (ngerokok) ga bakalan tralu kliatan kan?
tapi coba kaca yang bersih (bukan perokok), kena kotoran (jadi perokok pasif) pasti kliatan banget tuh kotornya walau nodanya ga banyak

Di Indonesia Dalam Sehari 1.172 Orang Meninggal Karena Rokok

Rokok merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia dan merupakan satu-satunya produk legal yang membunuh sepertiga hingga setengah penggunanya dengan korbannya rata-rata meninggal 15 tahun lebih cepat. Menurut WHO, tahun 2008 diperkirakan 5,4 juta orang meninggal per tahunnya karena rokok.
Di Indonesia menurut laporan Badan Khusus Pengendalian Tembakau Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (TCSC- IAKMI) diperkirakan 427.948 kematian pertahunnya atau dalam sehari ada sekitar 1.172 orang meninggal karena rokok.
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Sedangkan nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko lebih besar dibanding yang tidak mengisap asap rokok. 14x lebih beresiko menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan. 4x lebih beresiko menderita kanker esophagus. 2x lebih beresiko kanker kandung kemih. 2x lebih beresiko serangan jantung. Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.
Apakah rokok dengan kadar Tar dan Nikotin aman dihisap?
Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.
Menurut pakar promosi kesehatan UGM Dra Yayi Suryo Prabandari Msi PhD, fakta-fakta mengenai rokok ini menurutnya belum disikapi cepat pemerintah. Bahkan, pemerintah justru menjadikan perusahaan rokok menjadi target pengembangan perekonomian di Indonesia. Akibat perusahaan rokok ini menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar pada APBN dan APBD,
sumber : klik aja

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 06/08/2009 in Dunia Kesehatan

 

Tag: , , , ,

5 responses to “GAYA HIDUP MBAH SURIP

  1. aafun sabroni

    04/09/2009 at 10:53 am

    saya sangat setuju apa yang di paparkan dia tas.keuntungan dan kerugian merokok dan minum kopi lebih banyak kerugianya,maka dari itu kepada semua pecandu rokok saya do’akmn suopaya dapat berhenti paling tidak dapat mengurangi jumlah konsumsi rokok maupun kopi

     
  2. aafun sabroni

    04/09/2009 at 10:57 am

    gaya hidup mbah surip memang sangat tidsk teratur maka kita dapat mengambil hikmah dari perjalanan hidup mbah surip.sedikit menjadi inspirasi bagi saya ‘orang hidup teratur saja bisa terkenal apalagi kita hidup sangat teratu dari bengun sampai tidur lagi,maaf nggak mgopi paste lagunya mbah surip.

     
    • Hafidz

      04/09/2009 at 11:37 am

      Terimakasih atas komentarnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan jika terdapat artikel yang bertentangan akan sangat bermanfaat untuk menjadi masukan dan perkembangan ilmu.

       
  3. rendi

    24/07/2011 at 9:39 pm

    kalo memang rokok itu berbahaya dan merusak kesehatan,
    lantas kenapa?? pemerintah diam saja dan hanya memberikan teguran wacana meroko dapat menyebabkan bla bla bla…
    kalo memang pemerintah ingin bertindak serius tutup aja sekalin pabriknya!!! beres kan gak akan ada lagi peroko aktif dan pasif dan dengan begitu rakyat indonesiapun akan jauh lebih sehat cuman petani dan buruh pabrik rokok akan kebingungan karena perusaha’an rokok tempat mereka mencari nafkah di tutup dan juga ada survei 60% persen Devisa negara berasal dari pabrik rokok jadi seba salah kan!!!!

     
    • Hafidz

      25/07/2011 at 1:11 am

      Nah itu dia.. komentar anda sendiri memiliki 2 opini yang berlawanan, Apalagi pemerintah. Jadi kenapa pemerintah nggak bisa bertindak setegas itu, karena pasti ada kepentingan-kepentingan orang yang diuntungkan dibalik itu. Jadi tinggal tiap individu aja yang menyadarinya.. ada thread bagus dari kaskus tentang mitos ekonomi dan rokok.. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7587500. semoga bermanfaat.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: