RSS

EKONOMI VS LINGKUNGAN

20 Jul

Niatnya cuma cari batik untuk kondangan di esok harinya. Namun di pintu depan ada yang membuat saya tertarik, ada stan green peace Indonesia yang sedang mencari dukungan. Awalnya saya tolak namun ketika sudah selesai mencari batik ada seorang relawan yang datang menjelaskan mengenai green peace Indonesia dan segala permasalahannya. Saya cukup kaget, ternyata Indonesia menjadi nomor satu dalam perusakan hutan tercepat di Dunia.

Hal utama yang paling disorot adalah mengenai pemanfaatan lahan gambut untuk pertanian/ perkebunan kelapa sawit. Kata “pemanfaatan” merupakan bahasa ekonomi karena lahan gambut dianggap tidak bermanfaat, sedangkan jika dirubah menjadi perkebunan kelapa sawit, dianggap meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Namun rasanya peningkatan ekonomi sejalan dengan kerusakan lingkungan.

Ada artikel yang cukup  menarik “Dapatkah konversi lahan gambut jadi lebih menguntungkan dari pada minyak kelapa?”. Anda mungkin bisa membaca sendiri, namun bisa saya tarik kesimpulan bahwa mekanisme yang diusulkan untuk mengatasi perubahan iklim, terutama kredit karbon melalui penghindaran penggundulan hutan. Kredit karbon dapat menyediakan investasi jangka panjang yang lebih baik bagi bisnis dan pemerintahan Indonesia. Kredit karbon juga menghasilkan pendapatan pajak yang lebih besar bagi keuangan Indonesia, lebih dari kelapa sawit. Dengan besarnya kemungkinan untuk menjadi pasar karbon nantinya, para pemilik lahan seharusnya memberikan pertimbangan serius mengenai nilai-nilai karbon saat memutuskan penggunaan lahannya. Walau kelapa sawit dapat dan akan terus berperan penting dalam ekonomi, penggantian kerugian karbon menawarkan mekanisme untuk mendukung dan memberikan variasi pada terbukanya finansial Indonesia, sementara pada saat yang bersamaan juga meminimalisir jejak negatif mereka pada lingkungan

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20/07/2009 in Journal

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: